PERHITUNGAN POTENSI DAN PROFIL PRODUKSI RESERVOIR GAS METANA BATUBARA UNTUK RENCANA PENGEMBANGAN LAPANGAN SGT-02 PT ENERGI MEGA PERSADA-PT VISI MULTI ARTHA, KALIMANTAN TIMUR

KUNCORO, BAYU WAJDIAN (2018) PERHITUNGAN POTENSI DAN PROFIL PRODUKSI RESERVOIR GAS METANA BATUBARA UNTUK RENCANA PENGEMBANGAN LAPANGAN SGT-02 PT ENERGI MEGA PERSADA-PT VISI MULTI ARTHA, KALIMANTAN TIMUR. Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
1. COVER DAN PENGESAHAN DOSEN SERTA LAPANGAN ACC.pdf

Download (76kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR ACC.pdf

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. RINGKASAN ACC.pdf

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6.DAFTAR ISI ACC.pdf

Download (107kB) | Preview

Abstract

RINGKASAN Lapangan Sgt-02 merupakan lapangan Gas Metana Batubara (GMB) yang terletak pada formasi balikpapan pada cekungan kutai, kalimantan timur, dengan identifikasi batubara terdapat 89 lapisan yang memiliki rank batubara subbituminous-bituminous, dengan 6 sumur pilot well. Yang merupakan lapangan eksplorasi dan perlu dilakukan peneletian dan pengembangan. Penelitian yang penulis lakukan pada lapangan sgt-02 dengan Pengumpulan data lapangan (Geologi, Geofisika, dan Reservoir) dan data sumur yang akan diteliti, penentuaan luas Sweetspot, perhitungan Gas In-Place, Laju alir sumuran, dan jumlah sumur serta perencanaan profil produksi, dan melakukan analisa keekonomian untuk menentukan nilai keekonomisan dalam perencanaan pengembangan lapangan sgt-02. Dari analisa gas content dan gas storage capacity dengan grafik langmuir isotherm layer beta dan layer meta merupakan reservoir undersaturated sehingga perlu dilakukan dewatering, recovery factor untuk masing masing seamnya sebesar 58 % dan 56 %. Dari perhitungan gas in place yang dilakukan dengan persamaan volumetrik dengan sensitivitas saturasi dan gas content didapatkan besarnya gas in place untuk base case layer beta 4.190 Bscf dan base case layer meta 2.736 Bscf. Perencanaan sumur dan profil produksi dilakukan dengan tiga skenario produksi yaitu, skenario satu memproduksikan layer beta, skenario dua memproduksikan layer meta, dan skenario tiga memproduksikan keduanya. Selain itu dilakukan penambahan skenario rate yaitu 20 MMScfd dan 25 MMScfd. Skenario produksi yang dipilih yaitu skenario memproduksikan layer beta dan layer meta bersamaan dengan rate produksi 15 MMScfd, jumlah sumur yanf di bor sebanyak 59 sumur, kumulatif produksi sebesar 134.03 BScf, dan plato gas selama 16 tahun. Pada analisa keekonomian perhitungan cash flow base case untuk skenario produksi layer beta dan layer meta pendapatan kontraktor lebih besar. Perhitungan indikator ekonomian untuk base case layer beta dan layer meta didapatakan hasil perhitungan Net Present Value sebesar 78.850.252 US$, Internal Rate Of Return sebesar 30.33 %, dan Pay Out Time selama 4.76 tahun. Berdasrkan hasil sensitivitas terhadap indikator keekonomian harga gas dan produksi gas sangat berpengaruh terhadap nilai indikator keekonomian.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Basir Umaryadi
Date Deposited: 13 Feb 2018 04:28
Last Modified: 13 Feb 2018 04:28
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/14527

Actions (login required)

View Item View Item