ANALISIS SUMBERDAYA ANDESIT MENGGUNAKAN METODE GEOLISTRIK RESISTIVITAS KONFIGURASI DIPOLE-DIPOLE PADA DAERAH “PENGASIH, KULON PROGO, YOGYAKARTA”

DANASWARA, M. RAFIAN (2017) ANALISIS SUMBERDAYA ANDESIT MENGGUNAKAN METODE GEOLISTRIK RESISTIVITAS KONFIGURASI DIPOLE-DIPOLE PADA DAERAH “PENGASIH, KULON PROGO, YOGYAKARTA”. Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (270kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (379kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (190kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN RAFIAN.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Andesit merupakan salah satu bahan galian yang banyak dibutuhkan terutama terkait dengan akan dibangunnya bandara baru di Kulon Progo dan jalan tol di Yogyakarta. Eksplorasi lebih lanjut dengan pemetaan bawah permukaan diperlukan untuk mengetahui sumberdaya batuan andesit. Metode geofisika digunakan untuk mendeteksi andesit yaitu metode geolistrik resistivitas dengan konfigurasi dipole-dipole dikarenakan mampu memberikan gambaran secara vertikal dengan baik. Terdapat 8 lintasan,berorientasi dari arah lintasan Tenggara-Barat laut, yang masing-masing lintasan mempunyai panjang 470 meter. Pengolahan data menggunakan software Res2dinv menghasilkan Pseudosection 2D yang dikorelasikan dengan software Discover 3D kemudian hasil inversi dibuat suatu model 3D menggunakan Software Rockworks15, maka dapat mengetahui informasi dan gambaran serta mampu mengidentifikasi keberadaan andesit di bawah permukaan sekaligus memperkirakan persebarannya untuk menghitung potensi sumberdayanya. Hasil penelitian terdapat variasi nilai resistivitas, yaitu soil maupun breksi yang mengandung air yaitu 7 – 190 ohm.m, breksi yaitu 191 – 369 ohm.m dan andesit yaitu 370 – 712 ohm.m, yang diperkirakan batuan andesit berada di lintasan 5 dan 6. Andesit memiliki respon nilai resistivitas yang tinggi dikarenakan andesit merupakan batuan beku yang kompak dan resistif, hal ini mengakibatkan terdapatnya kontras nilai dengan batuan sekitarnya. Perhitungan software berdasarkan model 3D menghasilkan estimasi sumberdaya sebesar 4.849.720 ton. Kata kunci : Dipole-dipole, Resistivitas, Andesit

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 23 Jan 2018 04:18
Last Modified: 23 Jan 2018 04:18
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/14331

Actions (login required)

View Item View Item