PENENTUAN ZONA PROSPEK HIDROKARBON MENGGUNAKAN DATA LOG PADA RESERVOIR BATU PASIR (STUDI KASUS: FORMASI TALANG AKAR LAPANGAN ‘AMOR’)

AMOROKHMAN, PIPIT IRFANI (2017) PENENTUAN ZONA PROSPEK HIDROKARBON MENGGUNAKAN DATA LOG PADA RESERVOIR BATU PASIR (STUDI KASUS: FORMASI TALANG AKAR LAPANGAN ‘AMOR’). Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
1. Cover.pdf

Download (171kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Lembar pengesahan.pdf

Download (535kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. Daftar Isi.pdf

Download (371kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. Abstrak.pdf

Download (107kB) | Preview

Abstract

Formasi Talang Akar merupakan salah satu formasi berada pada cekungan Jawa Barat Utara. Formasi Talang Akar terbentuk pada masa oligocene hingga awal mocene. Pada penelitian ini bertujuan untuk menganalisa dan menentukan zona prospek hidrokarbon formasi Talang Akar pada lapangan “Amor”. Formasi Talang Akar pada Lapangan “Amor” merupakan formasi yang mengandung reservoir minyak dan gas yang berada pada cekungan Jawa Barat Utara dan sudah diproduksikan di beberapa sumur. Penelitian pada formasi Talang Akar dimulai dengan melakukan analisa petrofisik untuk karakteristik reservoir untuk mengetahui bagaimana sifat fisik batuan dan sifat fisik fluida yang terkandung didalam lapisan ini. Dengan menganalisa sifat fisik batuan maka dapat mengetahui litologi, marker, kandungan lempung, porositas, dan saturasi air. Kandungan Lempung dihitung berdasarkan defleksi kurva log gamma ray, Porositas ditentukan dengan crossplot antara log densitas dan log neutron. Dari sifat-sifat fisik batuan diatas dapat digunakan untuk mengetahui besarnya saturasi air (Sw) yang ditentukan dengan persamaan Dual water. Setelah diperoleh 3 parameter tersebut, kemudian dilakukan penentuan nilai Cut-Off, hal ini dilakukan untuk menjadi batasan untuk lapisan-lapisan yang dinilai prospek dan tidak prospek secara petrofisik. Penentuan Cut-Off dilakukan dengan korelasi terhadap data produksi dan hasil Cut-Off ini nantinya akan digunakan dalam penentuan net-pay pada proses lumping. Dari hasil interpretasi log dan analisa petrofisika pada 7 sumur pada lapangan “Amor” yang menembus formasi Talang Akar. Dapat disimpulkan bahwa formasi ini tersusun oleh batu pasir dan batu lempung. Kemudian dihitung dengan nilai penggal (Cut-off) untuk nilai kandungan lempung sebesar 23%, untuk porositas efektif sebesar 10.6% , dan saturasi air sebesar 75.4%. Dari nilai cut-off ini maka diperoleh hasil lumping menunjukan adanya 11 interval yang prospek dengan kedalaman yang berbeda pada 7 sumur, dimana lapisan-lapisan prospek ini berasal dari marker 5 dan marker 9.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 23 Jan 2018 04:01
Last Modified: 23 Jan 2018 04:01
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/14327

Actions (login required)

View Item View Item