GEOLOGI DAN KONTROL FASIES TERHADAP KARAKTERISTIK RESERVOAR LAPISAN “X” DAN LAPISAN “Z” , FORMASI TALANGAKAR, LAPANGAN “OMR”, CEKUNGAN JAWA BARAT UTARA

RAHMAT PRATAMA, RICHIE (2017) GEOLOGI DAN KONTROL FASIES TERHADAP KARAKTERISTIK RESERVOAR LAPISAN “X” DAN LAPISAN “Z” , FORMASI TALANGAKAR, LAPANGAN “OMR”, CEKUNGAN JAWA BARAT UTARA. Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (138kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Sari.pdf

Download (340kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Halaman Pengesahan.pdf

Download (189kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (292kB) | Preview

Abstract

Lapangan “OMR” terletak di Cekungan Jawa Barat Utara merupakan salah satu lapangan penghasil minyak yang di operasikan oleh PT.Pertamina. Lapangan “OMR” memiliki luasan 56 Km 2 yang terletak di Kabupaten Bekasi, Provinsi Jawa Barat.. Penelitian dilakukan dengan menggunakan data yang dimiliki oleh PT. Petamina EP asset 3 yang meliputi data wireline log ( log sumur ) di 5 sumur telitian serta menggunakan data mudlog pada sumur terdekat. Berdasarkan hasil analisis data didapatkan litologi penyusun Formasi Talangakar Pada Lapangan “OMR” berupa perselingan antara serpih, batupasir dan batugamping dengan sisipan batubara. Pada Lapisan “X” berkembang fasies Calcareous Sandstone yang terendapkan pada Tidal Channel dan pada lapisan “Z” berkembang fasies Sand flat yang terendapkan pada Tidal flat. Serta karakteristik resevoar di pengaruhi oleh properti reservoar yang digunakan yaitu Volume serpih dan Porositas efektif. Dan didapatkan kesimpulan bahwa karakteristik reservoar pada Lapisan “X” lebih baik daripada Lapisan “Z” itu disebabkan oleh perbedaan fasies dan lingkungan pengendapan. . Kata Kunci : Formasi Talangakar , Kontrol Fasies , Karakteristik Rervoar , Tidal Channel , Tidal flat.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > QE Geology
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 23 Jan 2018 02:25
Last Modified: 23 Jan 2018 02:25
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/14309

Actions (login required)

View Item View Item