EVALUASI PELAKSANAAN REKLAMASI PADA LAHAN BEKAS PENAMBANGAN EMAS DI PT. PANCA LOGAM MAKMUR KABUPATEN BOMBANA SULAWESI TENGGARA

NASIR, LA ODE MUHAMMAD AWALUL RIZKI (2018) EVALUASI PELAKSANAAN REKLAMASI PADA LAHAN BEKAS PENAMBANGAN EMAS DI PT. PANCA LOGAM MAKMUR KABUPATEN BOMBANA SULAWESI TENGGARA. Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (68kB) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (116kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRACK.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR IS1.pdf

Download (87kB) | Preview

Abstract

RINGKASAN Penelitian dilakukan di PT. Panca Logam Makmur yang berlokasi di Kecamatan Rarowatu Utara, Kabupaten Bombana, Provinsi Sulawesi Tenggara. PT. Panca Logam Makmur melakukan kegiatan penambangan bahan galian berupa emas alluvial. Sistem penambangan yang digunakan adalah tambang terbuka dengan metode hidraulicking. Evaluasi pelaksanaan reklamasi yang dilakukan bertujuan untuk mengevaluasi pelaksanaan keberhasilan reklamasi yaitu penataan lahan, revegetasi, serta penyelesaian akhir, yang berpedoman pada (Permen ESDM) Nomor 7 Tahun 2014 tentang Pelaksanaan Reklamasi dan Pascatambang Pada Kegiatan Usaha Pertambangan Mineral Dan Batubara. Tingkat keberhasilan penataan lahan mencapai 82,34%, dimana sebagian lahan belum dilakukan penataan dan penimbunan. Salah satu kekurangan pada pelaksanaan reklamasi PT. Panca Logam Makmur adalah tidak adanya bangunan pengendali erosi sehingga tingkat keberhasilan pengendalian erosi 0%, adapun rekomendasi kepada pihak perusahaan adalah melakukan pembuatan bangunan pengendali erosi berupa guludan dan saluran pembuangan air. Tingkat keberhasilan penanaman cover crops mencapai 70,82% dengan persentase pertumbuhan tanaman > 80%. Berdasarkan Permen ESDM Nomor 7 Tahun 2014 tentang Pelaksanaan Reklamasi dan Pascatambang Pada Kegiatan Usaha Pertambangan Mineral dan Batubara, tingkat keberhasilan reklamasi PT. Panca Logam Makmur adalah 62,97%. Sehingga pelaksanaan reklamasi pada lahan bekas penambangan PT. Panca Logam Makmur dinyatakan kurang berhasil sehingga belum dapat diterima dan perlu pemeliharaan lebih lanjut agar dapat mencapai keberhasilan minimal 80%.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Basir Umaryadi
Date Deposited: 23 Jan 2018 01:54
Last Modified: 23 Jan 2018 01:54
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/14304

Actions (login required)

View Item View Item