KAJIAN TEKNIS PENGARUH PERUBAHAN DIAMETER LUBANG LEDAK TERHADAP PEROLEHAN PELEDAKAN DAN WAKTU GALI DI PT. PAMAPERSADA NUSANTARA JOBSITE PT. ADARO INDONESIA, KAB. TABALONG, PROVINSI KALIMANTAN SELATAN

EXAUDIO, SAMTHEONATHAN MALEAKHI (2018) KAJIAN TEKNIS PENGARUH PERUBAHAN DIAMETER LUBANG LEDAK TERHADAP PEROLEHAN PELEDAKAN DAN WAKTU GALI DI PT. PAMAPERSADA NUSANTARA JOBSITE PT. ADARO INDONESIA, KAB. TABALONG, PROVINSI KALIMANTAN SELATAN. Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (134kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (71kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (119kB) | Preview

Abstract

RINGKASAN Pit Tutupan merupakan salah satu proyek penambangan yang dimiliki oleh PT. Pamapersada Nusantara yang berlokasi di Kabupaten Tabalong, Kalimantan Selatan, dengan owner PT. Adaro Indonesia. PT. Pamapersada Nusantara memiliki kontrak untuk pengupasan tanah pucuk, lapisan penutup, serta produksi dan pengangkutan batubara ke pelabuhan. Pembongkaran lapisan penutup sendiri menggunakan dua metode dengan pengeboran dan peledakan serta pembongkaran dengan alat mekanis. Cluster ex ROM 2 merupakan salah satu cluster pada pit tutupan yang setiap hari dilakukan kegiatan peledakan untuk mengejar kemajuan penambangan dengan menurunkan elevasi pada lokasi tersebut. Karena kegiatan peledakan yang dilakukan dengan kontinu maka PT. Pamapersada Nusantara memiliki target perolehan peledakannya senilai 97% dan waktu gali dengan batas maksimal 13 detik untuk mengontrol keberhasilan suatu kegiatan peledakan. Pada saat penelitian dengan diameter lubang ledak 20 cm didapatkan perolehan peledakan senilai 92,20% dan waktu gali rata-rata 13,47 detik, dimana keduanya belum memenuhi keberhasilan suatu kegiatan peledakan. Percobaan perubahan ukuran diameter lubang ledak menjadi 17 cm dilakukan untuk melihat pengaruh perubahan yang terjadi terhadap perolehan peledakan dan waktu gali. Dengan dilakukannya perubahan geometri peledakan yang diterapkan pada diameter lubang ledak yang pada awalnya 20 cm inch menjadi 17 cm didapatkan perubahan pada perolehan peledakan senilai 97,20 % dan waktu gali rata-rata 12,84 detik. Dengan perubahan diameter tersebut PT. Pamapersada Nusantara telah berhasil mencapai target perolehan peledakan dan waktu gali yang dibawah batas maksimal. Penelitian ini juga dilakukan analisis mengenai penurunan elevasi yang menjadi dasar penentuan kedalaman lubang ledak terhadap perolehan peledakan. Setelah dilakukan penelitian didapatkan bahwa pencapaian perolehan peledakan lebih baik dengan kedalaman lubang ledak 7 m dibandingkan dengan kedalaman lubang ledak 6 m. Hasil analisis ini sebagai pertimbangan perusahaan dalam menentuan penurunan elevasi untuk kegiatan peledakan selanjutnya.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Basir Umaryadi
Date Deposited: 22 Jan 2018 08:28
Last Modified: 22 Jan 2018 08:28
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/14301

Actions (login required)

View Item View Item