RENCANA PENATAAN LAHAN PENAMBANGAN PASIR BATU PADA BANTARAN SUNGAI GENDOL DI DESA KEPUHARJO KECAMATAN CANGKRINGAN KABUPATEN SLEMAN DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

MATEUS SIPAHUTAR, LUTER (2017) RENCANA PENATAAN LAHAN PENAMBANGAN PASIR BATU PADA BANTARAN SUNGAI GENDOL DI DESA KEPUHARJO KECAMATAN CANGKRINGAN KABUPATEN SLEMAN DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA. Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (151kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (351kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (345kB) | Preview
[img]
Preview
Text
RINGKASAN & ABSTRAK.pdf

Download (152kB) | Preview

Abstract

Sungai gendol adalah sungai yang terbentuk secara alami dimana pada bagian hulunya berhubungan langsung dengan lereng Gunung Merapi dan menjadi sebuah wadah yang besar untuk menampung sebagian hasil dari erupsi Gunung Merapi. Namun proses penambangan pasir dan batu pada daerah ini menimbulkan lereng yang sangat terjal dan banyak bagian tepi sungai yang longsor. Untuk rencana penataan lahan, tebing sungai akan dibentuk terasan berupa teras bangku. Dengan dimensi lereng pada rancangannya adalah lebar bank width 5 m, lebar bench width 6 m, tinggi bench height 5 m, sehingga kemiringan lereng overall pit slope adalah 26o yang terdiri dari 7 jenjang. Penataan lahan dilakukan dengan membongkar 244.744,08 m3 material menggunakan 8 alat bongkar muat yakni backhoe Komatsu PC300LC-8 berkapasitas bucket 1,96 m3 serta 8 alat angkut yakni Hino Dumptruck Dutro 130 HD berkapasitas bak 10 m3 selama 54 hari. Untuk mengurangi erosi oleh pasir maka jenjang akan dilengkapi dengan guludan dan akan dilengkapi dengan saluran terbuka pada bagian toe tiap jenjang. Dimensi saluran terbuka dirancang dengan bentuk trapesium dengan lebar atas (B) 0,21 m, lebar bawah (b) 0,10 m, kedalaman 0,09 m dan kemiringan sisi 58,5o. Dari perencanaan penataan lahan yang akan dilakukan, tebing sungai mengalami penurunan Tingkat Bahaya Erosi (TBE) dari 34015,90 ton/Ha/tahun (kelas V, sangat berat) menjadi 168,64 ton/Ha/tahun. Sehingga Tingkat bahaya erosi pada lahan ini menurun menjadi adalah kelas III sedang (Moderate).

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > TN Mining engineering. Metallurgy
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 22 Jan 2018 07:44
Last Modified: 22 Jan 2018 07:44
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/14295

Actions (login required)

View Item View Item