PERBANDINGAN METODE PENGENALAN WAJAH MENGGUNAKAN KAIROS API DENGAN TEMPLATE MATCHING DAN EUCLIDEAN DISTANCE PADA VERIFIKASI PRESENSI KULIAH

Wardana, Rama Dhuhury (2018) PERBANDINGAN METODE PENGENALAN WAJAH MENGGUNAKAN KAIROS API DENGAN TEMPLATE MATCHING DAN EUCLIDEAN DISTANCE PADA VERIFIKASI PRESENSI KULIAH. Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
HALAMAN JUDUL.pdf

Download (258kB) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (149kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (162kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Kehadiran atau presensi mahasiswa di universitas merupakan kehadiran dan keikutsertaan mahasiswa secara fisik pada aktivitas perkuliahan di dalam kelas. Sedangkan ketidakhadiran atau absensi merupakan ketidakhadiran mahasiswa secara fisik pada proses perkuliahan. Dalam presensi perkuliahan mahasiswa dikampus masih banyak menggunakan sistem manual, yaitu dengan mengisi data kehadiran pada buku presensi yang disediakan oleh dosen. Alat pencatatan presensi mahasiswa yang konvensional sangat banyak intervensi mahasiswa dan kurangnya kejujuran dalam mencatat kehadiran, sehingga hal ini sering memberi peluang adanya manipulasi data kehadiran apa bila pengawasan yang kontinyu pada proses ini tidak dilakukan dengan semestinya. Dari hasil pengamatan dan wawancara yang dilakukan kepada dosen dan mahasiswa yang dilakukan dibeberapa universitas yang berada di wilayah jogjakarta terdapat masalah yang timbul yaitu kurangnya proses pemantauan kembali mahasiswa yang hadir di dalam perkuliahan pada saat perkuliahan sudah selesai. Pada penelitian ini apliksi dapat mencatat kehadiran di dalam kelas secara realtime dengan menerapkan KAIROS API sebagai media verifikasi dan media pemroses. Agar dapat di hubungkan antara sistem web dengan KAIROS API digunakan script dengan bahasa pemrograman php. Selain menggunakan KAIROS API digunakan MATLAB. MatLab digunakan untuk proses pengujian gambar wajah dengan perhitungan Correlation Matrix. Untuk mengirimkan data base dari Web lokal ke KAIROS API digunakan jaringan internet, dan pada KAIROS API akan di simpan kedalam database yang ada di cloud. KAIROS API digunakan sebagai pengujian deteksi secara online dan perhitungan Correlation Matrix sebagai pengujian deteksi secara offline. Hasil dari penelitian ini yaitu mampu mencatat dan memantau kehadiran, mempermudah rekap data dan mengurangi kecurangan mahasiswa dalam presensi kelas. Dari penelitian masih memiliki keterbatasan apabila jaringan internet yang digunakan bermasalah sehingga pengiriman data akan terganggu. Kata Kunci : Presensi, Sistem pengawasan dan pemantauan , KAIROS API, Correlation Matrix.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Electronics and Computer Science
Depositing User: Basir Umaryadi
Date Deposited: 19 Jan 2018 03:50
Last Modified: 19 Jan 2018 03:50
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/14284

Actions (login required)

View Item View Item