ANALISIS KEBUTUHAN ALAT GALI-MUAT DAN ALAT ANGKUT UNTUK MENCAPAI TARGET PRODUKSI PT. CITRA MANDIRI SUKSES BERSAMATAMA IUP PT. HARINDO WAHANA, KALIMANTAN TIMUR

SAPUTRI, AJENG TYAS TINITA (2018) ANALISIS KEBUTUHAN ALAT GALI-MUAT DAN ALAT ANGKUT UNTUK MENCAPAI TARGET PRODUKSI PT. CITRA MANDIRI SUKSES BERSAMATAMA IUP PT. HARINDO WAHANA, KALIMANTAN TIMUR. Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
3. COVER.pdf

Download (80kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (235kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (11kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. DAFTAR ISI.pdf

Download (14kB) | Preview

Abstract

RINGKASAN Pengupasan lapisan tanah penutup (overburden) pada PT. Citra Mandiri Sukses Bersamatama (PT. CMSB) memakai sistem tambang terbuka (surface mining) dan metode strip mine yang memiliki masalah dalam penentuan pemilihan alat gali-muat dan alat angkut. Umumnya penelitian mengenai alat gali-muat dan alat angkut didasarkan pada target produksi saja, dan kondisi material jalan angkut sering tidak diperhatikan, oleh karena itu target produksi tidak optimal. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis faktor-faktor serta hambatan yang menjadi penyebab belum tercapainya target produksi, menganalisis tipe dan jumlah alat mekanis yang tepat untuk digunakan sesuai kondisi di lapangan, dan menganalisis keserasian kerja alat muat dan angkut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah menganalisis waktu edar alat angkut dan alat muat, menghitung efisiensi kerja alat gali-muat dan alat angkut, menghitung produktivitas, menghitung kebutuhan alat dan menghitung keserasian kerja alat. Pada saat ini PT. CMSB memiliki target pengupasan lapisan tanah penutup yakni 114.000 BCM/bulan dan saat ini PT. CMSB menggunakan 1 unit excavator backhoe Hyundai 220-9SH dan 3 unit dump truck Isuzu 285 PS sebagai peralatan mekanis yang digunakan sementara untuk mengejar target produksi sembari mendapatkan alat mekanis yang sesuai dengan kondisi dan dapat digunakan di lapangan. Hasil penelitian menunjukkan ketidaktepatan penggunaan alat gali-muat dan alat angkut saat ini pada pengupasan overburden dengan berdasarkan tidak tercapainya target produksi overburden yang telah ditetapkan dan hanya dapat menghasilkan produksi sebesar 36.984 BCM/bulan dari 1 unit excavator backhoe Hyundai 220-9SH dan sebesar 16.362 BCM/bulan dari 3 unit dump truck Isuzu 285 PS dan memiliki faktor keserasian kerja sebesar 0,44 sehingga perlu dilakukan analisis pemilihan alat gali-muat dan alat angkut yang sesuai dengan kondisi lapangan yang pada akhirnya harus dilakukan pergantian alat mekanis dan menghasilkan produksi sebesar 136.170 BCM/bulan dari 1 unit excavator backhoe Doosan 500 LCV dan 114.876 BCM/bulan dari 3 unit articulated dump truck Caterpillar 730 dengan menghasilkan nilai faktor keserasian kerja sebesar 0,83.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Basir Umaryadi
Date Deposited: 17 Jan 2018 04:53
Last Modified: 17 Jan 2018 04:53
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/14227

Actions (login required)

View Item View Item