GEOLOGI DAN ZONASI RAWAN LONGSOR DENGAN SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS (SIG) DAERAH CLAPAR DAN SEKITARNYA KECAMATAN MADUKARA KABUPATEN BANJARNEGARA PROVINSI JAWA TENGAH

Widyastuti, Megasari (2017) GEOLOGI DAN ZONASI RAWAN LONGSOR DENGAN SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS (SIG) DAERAH CLAPAR DAN SEKITARNYA KECAMATAN MADUKARA KABUPATEN BANJARNEGARA PROVINSI JAWA TENGAH. Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (697kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (122kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (713kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Halaman Pengesahan.pdf

Download (440kB) | Preview

Abstract

Daerah penelitian termasuk kedalam Zona Cekungan Serayu Utara. Secara administratif, daerah penelitian termasuk ke dalam Kecamatan Madukara dansekitarnya, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah. Banjarnegara merupakan daerah yang sering terjadi longsor dan menimbulkan banyak korban jiwa serta materitermasuk di daerah Clapar, Madukara. Metodologi yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu pemetaan geologi permukaan untuk mengumpulkan data primer. Pembuatan peta zonasi rawan longsor menggunakan Sistem Informasi Geografis (SIG) dengan metode tumpang tindih (overlay) dari data primer dan sekunder. Metode pembobotan dari tiap parameter menggunakan metode AHP (Analitic Hierarcy Process). Secara geomorfologi, daerah penelitian dibagi menjadi satuan bentuklahanperbukitan sesar (S1), satuan bentuklahan perbukitan homoklin (S2), satuan bentuklahan lereng sayap lipatan (S3), satuan bentuklahan lembah sesar (S4), satuan bentuklahan lembah antiklin (S5), satuan bentuklahan bukit intrusi (V1), satuan bentuklahan tubuh sungai (F1) dan satuan bentuklahan gosong sungai (F2). Stratigrafi daerah penelitian dibagi menjadi enam satuan litostratigrafi tidakresmi dengan urutan paling tua ke muda yaitu satuan batupasir-karbonatan Rambatan, satuan Intrusi Andesit, satuan breksi Tapak, satuan batulempung Kalibiuk, satuan breksi Ligung dan satuan endapan aluvial. Struktur geologi yang dijumpai yaitu kekar, sesar dan lipatan. Sesar padadaerah penelitian terdiri dari sesar mendatar kanan dengan arah relatif utara-selatan (Sesar Suwidak dan Sesar Nagasari), sesar mendatar kiri dengan arah relatif utaraselatan (Sesar Buana dan Sesar Rambatan), sesar naik dengan arah baratlaut-tenggara(Sesar Kesenet). Lipatan terdiri dari antiklin dengan arah relatif barat-timur (Antiklin Suwidak). Zona rawan rendah memiliki skor 0,30 – 0,51 dengan luas daerah 8,2 km2menempati wilayah Desa Kaliurip, Gununggiana dan Karanganyar. Zona rawan sedang memiliki skor 0,52 – 0,73 dengan Luas daerah 8,4 km² menempati wilayah Desa Nagasari, Talunamba, Paweden dan Kalilunjar. Zona rawan tinggi memiliki skor 0,74 – 0,95 dengan luas daerah 4,2 km² menempati wilayah Nagasari, Suwidak danPakelen.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > QE Geology
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 15 Jan 2018 04:05
Last Modified: 15 Jan 2018 04:05
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/14161

Actions (login required)

View Item View Item