PENGENDALIAN PERSEDIAAN AKSESORIS DENGAN METODE GABUNGAN P DAN Q (Studi kasus di PT Mandiri Jogja Internasional, Klodongan, Berbah, Yogyakarta )

Vanesha, Diva (2017) PENGENDALIAN PERSEDIAAN AKSESORIS DENGAN METODE GABUNGAN P DAN Q (Studi kasus di PT Mandiri Jogja Internasional, Klodongan, Berbah, Yogyakarta ). Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
2. Abstrak.pdf

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. Cover.pdf

Download (80kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. Lembar Pengesahan.pdf

Download (419kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. Daftar isi.pdf

Download (99kB) | Preview

Abstract

PT Mandiri Jogja International (M-JOINT) merupakan perusahaan yang memproduksi berbagai jenis tas kerja dan dompet untuk pria dan wanita serta tas fashion khusus untuk wanita. Perusahaan ini memiliki beberapa departemen, salah satunya adalah Gudang yang berkewajiban menangani masalah persediaan bahan baku. Persediaan bahan baku merupakan salah satu hal yang menentukan apakah kebutuhan konsumen terpenuhi atau tidak, selain itu perusahaan juga harus menjaga jumlah persediaan untuk menghindari kemungkinan kekosongan bahan baku. Melihat kebutuhan bahan baku pembantu yaitu aksesoris tas dalam laporan bulanan tahun 2016 dengan pembelian aksesoris yang masih berdasarkan intuisi, terjadi kekurangan aksesoris pada bulan Maret dimana kebutuhan aksesoris sebanyak 1446 item, On Hand sebanyak 52 item dan pembelian aksesoris sebanyak 1200 item maka kekurangan aksesoris sebanyak 246 item, maka dari itu perlu dilakukan perencanaan persediaan bahan baku pembantu aksesoris tas dengan menggunakan metode perencanaan persediaan yang baik. Metode yang selama ini digunakan oleh perusahaan dalam melakukan pemesanan aksesoris hanyalah berdasarkan intuisi atau physical inventory dimana kelemahannya adalah sering terjadinya kehabisan stok. Penelitian ini akan membuat kebijakan persediaan mengenai kuantitas dan interval pemesanan yang optimal menggunakan metode gabungan P dan Q yang lebih fleksibel untuk diterapkan pada perusahaan. Dengan metode gabungan P dan Q bisa dilakukan dengan lebih efektif karena memberikan kuantitas optimal (Q) yang dapat meminimalisir total cost sebesar Rp 7.786.851 atau sebesar 65%. Kata kunci : Persediaan, Metode gabungan P dan Q, aksesoris

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 12 Jan 2018 02:35
Last Modified: 12 Jan 2018 02:35
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/14137

Actions (login required)

View Item View Item