KAJIAN TEKNIS KINERJA ALAT GALI MUAT DAN ALAT ANGKUT UNTUK MENCAPAI SASARAN PRODUKSI ANDESIT DI PT BATU MULYO BERJAYA, CIWUNI, KEC. KESUGIHAN, KAB. CILACAP, PROVINSI JAWA TENGAH

PUTRO, ARDIANSYAH NURCAHYO (2018) KAJIAN TEKNIS KINERJA ALAT GALI MUAT DAN ALAT ANGKUT UNTUK MENCAPAI SASARAN PRODUKSI ANDESIT DI PT BATU MULYO BERJAYA, CIWUNI, KEC. KESUGIHAN, KAB. CILACAP, PROVINSI JAWA TENGAH. Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
3. COVER.pdf

Download (123kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (619kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. RINGKASAN.pdf

Download (148kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI.pdf

Download (149kB) | Preview

Abstract

RINGKASAN PT Batu Mulyo Berjaya merupakan perusahaan yang bergerak di bidang pertambangan andesit yang terletak di Desa Ciwuni, Kecamatan Kesugihan, Kabupaten Cilacap, Provinsi Jawa Tengah. Sistem tambang yang digunakan oleh PT Mulyo Berjaya adalah sistem tambang terbuka (Surface Mining) dengan metode kuari. Kegiatan penambangan andesit meliputi pembongkaran menggunakan 1 unit hydraulic rock breaker Caterpillar 320d, pemuatan menggunakan 1 unit Backhoe Kobelco SK 200-8 Geospec dan pengangkutan menggunakan 27 unit Dump Truck Toyota Dyna 130HT. Produk yang dihasilkan yaitu berupa boulder yang diangkut ke dumping point boulder yang terletak di Desa Karangkandri, Kecamatan Kesugihan sejauh 12 km dan batu belah yang diangkut ke stockpile yang berada di Desa Pesanggrahan, Kecamatan Kesugihan sejauh 7,1 km, yang akan dijadikan material agregat. Permasalahan yang terjadi saat ini adalah belum tercapainya target produksi material boulder sebesar 7.800 ton/bulan dan batu belah sebesar 8.500 ton/bulan. Produksi aktual saat ini dengan kombinasi alat bongkar, alat muat dan alat angkut untuk material boulder sebesar 6.874,74 ton/bulan atau sebesar 88,13% dan material batu belah sebesar 7.133,13 ton/bulan atau sebesar 83,92%. Hal ini disebabkan rendahnya waktu kerja efektif akibat dari hambatan-hambatan yang terjadi di lapangan sehingga efisiensi kerja alat menjadi rendah. Upaya yang dapat dilakukan agar target produksi andesit dapat tercapai yaitu dengan meningkatan waktu kerja efektif sehingga efisiensi kerja alat meningkat. Setelah dilakukan perbaikan pada waktu kerja efektif didapatkan produksi sebesar 7.995,88 ton/bulan untuk material boulder dan untuk material batu belah sebesar 8.705,36 ton/bulan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Basir Umaryadi
Date Deposited: 11 Jan 2018 03:04
Last Modified: 11 Jan 2018 03:04
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/14119

Actions (login required)

View Item View Item