MEMBUAT PROTOTYPE SOFTWARE CASING DESAIN “FEBRIZ’ UNTUK KAJIAN ULANG CASING DESAIN SURFACE 13 3/8” DAN INTERMEDIET 9 5/8” PADA SUMUR “RZL 23” LAPANGAN “RA”

ADIB ULINUHA, RIZAL (2017) MEMBUAT PROTOTYPE SOFTWARE CASING DESAIN “FEBRIZ’ UNTUK KAJIAN ULANG CASING DESAIN SURFACE 13 3/8” DAN INTERMEDIET 9 5/8” PADA SUMUR “RZL 23” LAPANGAN “RA”. Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
1.cover.pdf

Download (158kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2.Lembar Pengesahan.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
3.abstrak.pdf

Download (198kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3.abstrak.pdf

Download (198kB) | Preview

Abstract

Casing adalah suatu pipa selubung yang terbuat dari baja campuran yang dipasang pada sumur yang berfungsi untuk melindungi lubang sumur pada proses pemboran maupun proses produksi. Pada saat proses pemboran sumur “RZL23” terjadi collapse casing namun tidak terlalu parah , collapse ini ditandai ketika proses proses trip in dan trip out dimana rangkaian BHA mengalai hambatan saat dilakukan trip out. Pemiiihan casing yang kurang tepat akan menyebabkan casing collaps, bursting, atau putus pada rangkaian. Kajian casing merupakan suatu cara untuk mengetahui kemampuan casing dalam menanggulangi beban beban yang terjadi. Kajian casing ini menggunakan metode maksimum load, yakni dengan asumsi beban terbesar yang di derita casing. Gaya yang bekerja adalah collapse pressure, burst pressure, tension load, serta biaxial load. dari latar belakang tersebut dibuatlah prototype software casing desain “FEBRIZ” untuk mempermudah dan mempercepat pemilihan casing desain Hasil dari kajian aktual Surface Casing 13 3/8” yang terpasang adalah casing dengan grade K-55; 66 ppf; BTC setelah dilakukan perhitungan dengan metode maximum load nilai safety factornya adalah masing Ni = 1.4 ; Nc = 0.75 ; Nj = 3.45, nilai tersebut belum memenuhi API standart, karena collapsnya di bawah 1.1, kemudian di desain ulang menggunakan software “FEBRIZ” dan manual didapat grade S-95 yang memiliki nilai safety factor Ni = 2.9 ; Nc = 1.2 ; Nj = 3 nilai tersebut sudah memenuhi sesuai API standart yakni sebesar Ni = 1.1 ; Nc ; 1.1 Nj = 1.6. Kemudian untuk trayek intermediet 9 5/8” dilakukan perhitungan beban terhadap casing L-80 yang terpasang, didapat nilai safety factor Ni = 2 ; Nc = 1.84 ; Nj = 3 nilai tersebut sudah baik sesuai API standart maka tidak perlu dilakukan evaluasi atau re-desain lagi, dan casing ini dapat di pakai untuk sumur-sumur di sekitarnya pada pada lapangan yang sama.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 09 Jan 2018 04:00
Last Modified: 09 Jan 2018 04:00
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/14072

Actions (login required)

View Item View Item