RENCANA KEBUTUHAN ALAT GALI MUAT DAN ALAT ANGKUT PADA PENAMBANGAN PASIR BESI DI PT. JOGJA MAGASA IRON KABUPATEN KULON PROGO YOGYAKARTA

PERMADI, FRADITYA BAYU (2017) RENCANA KEBUTUHAN ALAT GALI MUAT DAN ALAT ANGKUT PADA PENAMBANGAN PASIR BESI DI PT. JOGJA MAGASA IRON KABUPATEN KULON PROGO YOGYAKARTA. Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
COVER SKRIPSI.pdf

Download (24kB) | Preview
[img]
Preview
Text
pengesahan.pdf

Download (774kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (28kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (17kB) | Preview

Abstract

RINGKASAN PT. Jogja Magasa Iron (PT. JMI) merupakanperusahaan yang bergerak dibidang pertambangan pasir besi yang terletak di Kawasan Pantai Selatan Kabupaten Kulon Progo, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Masalah yang dihadapi yaitu menentukan berapa kebutuhan alat muat dan alat angkut yang harus digunakan agar target produksi tercapai. Hal tersebut dapat dilakukan dengan menentukan kemampuan produksi dari alat muat dan alat angkut yang digunakan serta menilai keserasian kerja antara alat muat dengan alat angkut. PT. JMI memiliki target produksi sebesar kurang lebih 212.000 ton/bulan. Untuk mencapai target produksi, penambangan di PT. JMI menggunakan alat muat Excavator Backhoe Komatsu PC 200 dan alat angkut Dump Truck UD PK 260 H. Dari data spesifikasi didapatkan cycle time alat muat sebesar 16 detik dan cycle time alat angkut sebesar 936,9 detik. Dari rencana kalender kerja didapatkan faktor koreksi MA (Mechanical Availability) 87%, PA (PhysicalAvailability) 88%, UA (Used Availability) 93%, EU (Efective Utilisation) 81%. Sedangkan untuk swell factor didapatkan dari perbandingan antara densitas loose dengan densitas insitu dimana kedua data tersebut diambil dari hasil uji laboratorium PT. JMI yaitu sebesar 0,89, dan untuk bucket fill factor diambil dari spesifikasi alat muat yaitu sebesar 0,95. Dari hasil perhitungan didapatkan produksi alat muat Excavator Backhoe Komatsu PC 200 sebesar 128.754 ton/bulan dan alat angkut Dump Truck UD PK 260 H sebesar 19.322,8 ton/bulan. Dengan demikian untuk memenuhi target produksi 212.000 ton/bulan dibutukan alat muat Excavator Backhoe Komatsu PC 200 sebanyak 2 unit dan alat angkut Dump Truck UD PK 260 H sebanyak 11 unit dengan cadangan masing-masing alat sejumlah 1 unit.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Basir Umaryadi
Date Deposited: 06 Dec 2017 03:15
Last Modified: 06 Dec 2017 03:15
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/13898

Actions (login required)

View Item View Item