Musthofa, Zaki (2015) Pengembangan Usaha Supplier Daging Sapi Segar UD. Anak Ragil Di Boyolali Jawa Tengah. Other thesis, UPN "VETERAN" YOGYAKARTA.
|
Text
ABSTRAKSI.pdf Download (30kB) | Preview |
Abstract
Zaki Musthofa, NIM: 152080062, Program Studi Administrasi Bisnis, Angkatan 2008, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta, Judul : Pengembangan Usaha Supplier Daging Sapi Segar UD. Anak Ragil Di Boyolali Jawa Tengah. Pembimbing : H umam Santosa Utomo M.AB dan Didik Indarwanta M.AB. Berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik (BPS) pada tahun 2012, terlihat bahwa rata- rata konsumsi daging di Indonesia yaitu 5,25 kg per kapita pertahun. Konsumsi ini masih rendah jika dibandingkan dengan s tandar dari FAO yaitu sebesar 10,1 kg per kapita pertahun. Hal ini disebabkan karena daya beli masyarakat Indonesia yang masih rendah. Selain itu, juga dapat disebabkan karena dari tahun ke tahun jumlah populasi m asyarakat di Indonesia semakin lama semakin meningkat sehingga pemenuhan akan kebutuhannya pun juga meningkat. Berdasarkan kenyataan berpotensinya bisnis Daging Sapi Segar maka penulis melakukan penelitian dengan judul “Pengembangan Usaha Daging Sapi Segar UD.Anak Ragil Di Boyol ali Jawa Tengah. Bisnis daging sapi segar UD. Ana k Ragil bertempat di kabupaten B oyolali tepatnya dusun Mitiran desa Gladangsari kecamatan Ampel Kabupaten Boyolali Jawa Tengah dikelola oleh penulis . Produk yang dihasilkan oleh UD. Anak Ragil adalah daging sapi yang telah disembelih dagingnya di potong dan dipisahkan dengan jerohanya. Varian yang ditawarkan ada lima bagian yaitu Has dalam, Paha Belakang, Sorok, Tipisan, Lulur. Dalam masa implementasi diketahui bahwa pemasaran dilakuk an pada para pedagang ecerean atau kios – kios yang berada di pasar tradisional di kabupaten demak. Strategi yang digunakan oleh UD. Anak Ragil dalam pemasaran produknya dengan cara mendatangi tengkulak langsung dan membicarakan system pembayaran dengan me mberikan kelonggaran waktu pembayaran 1 hari setelah penerimaan daging segar dan memberikan pelayanan pengantaran yang cepat dan tepat waktu, sehingga para pedagang cenderung mau bekerjasama dengan UD.Anak Ragil . Hal tersebut dapat dibuktikanya pada pengam bilan daging sapi segar di bulan pertama dan bulan kedua pada saat implementasi yang naik 705kg di bulan Desem ber 2014 dan bulan J anuari 2015, dan juga dapat dilihat dari perhitungan BEP yang mengalami surplus sebesar Rp.6.719.800 dan ROI sebesar 99,5% . Be rdasarkan perhitungan tersebut dapat dilihat pencapaian yang baik UD. Anak RAgil selama Implementasi.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD61 Risk Management |
Depositing User: | Muji Isambina |
Date Deposited: | 18 May 2016 03:57 |
Last Modified: | 18 May 2016 03:57 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/1386 |
Actions (login required)
View Item |