Pemberitaan Media Massa Tentang PT.TIV Klaten dan Pola Konsumsi Media Masyarakat di Kabupaten Klaten

Afifi, Subhan and Zambani, Atiq and UTAMI, Yenni Sri and Yustitia, Senja and FATONAH, Siti and Novianti, Dewi and Prabowo, Agung and Rusdiansyah, Rony (2015) Pemberitaan Media Massa Tentang PT.TIV Klaten dan Pola Konsumsi Media Masyarakat di Kabupaten Klaten. Program Studi Ilmu Komunikasi FISIP UPN “Veteran” Yogyakarta, Yogyakarta. ISBN 978-602-18913-2-2

[img] Text
Pemberitaan Media Massa _ ISBN.rtf

Download (187kB)

Abstract

Saat ini isu lingkungan hidup menjadi salah satu pokok bahasan yang penting seperti halnya masalah politik dan ekonomi. Semakin menurunnya kondisi lingkungan hidup di beberapa negara termasuk Indonesia membuat isu-isu di bidang ini kerap menjadi sorotan publik. Jika sebelumnya masalah lingkungan hanya menjadi concern pihak-pihak tertentu saja, kini masyarakat umum pun ikut peduli. Media massa memiliki peran sangat penting dalam menginformasikan permasalahan lingkungan hidup. Insititusi ini berperan penting dalam memberikan pemahaman dan pengetahuan kepada masyarakat tentang permasalahan lingkungan. Lingkungan hidup kini menjadi isu universal berkait dengan kondisi bumi yang semakin rusak karena pemanasan global (global warming), deforestasi, berkurangnya persediaan air bersih, dan kerusakan biodiversitas. Masalah ini kerap dibicarakan dalam berbagai konferensi baik di tingkat nasional maupun internasional. Pemberitaan media massa mengenai isu lingkungan hidup dapat berpengaruh pada pandangan serta perilaku seseorang terhadap isu-isu lingkungan. Di lain sisi pemberitaan yang sama jika dilakukan dengan tidak memperhatikan objektivitas dalam penulisan berita maka akan membawa dampak yang berbeda yakni bisa menciptakan konflik antara satu pihak dengan pihak lainnya. Sesuai dengan fungsi media massa, pemberitaan seharusnya lahir dari fakta yang jelas dan berimbang. Untuk itu pemahaman atas etika jurnalistik dan standar umum penulisan menjadi sangat penting. Pertama, untuk menjaga standar kualitas pekerjaan para jurnalis bersangkutan. Kedua, untuk melindungi masyarakat dari kemungkinan dampak yang merugikan dari praktik jurnalisme yang keliru. Berita-berita mengenai lingkungan hidup pun kerap muncul di surat kabar sebagai salah satu bentuk media massa yang banyak dikonsumsi masyarakat. Dalam surat kabar kita bisa melihat isu-isu lingkungan hidup dituangkan dalam bahasa baik secara verbal maupun non-verbal. Masalah lingkungan pada media ini juga tidak hanya disoroti sebagai sebagai sebuah isu umum namun kerapkali dihubungkan dengan hadirnya institusi lain yang terkait. Sudut pemberitaan semacam ini membuat daya tarik berita ini meningkat. Berita menjadi memiliki kaitan secara langsung dengan masyarakat luas. Keberadaan surat kabar lokal juga membuat isu lingkungan hidup tidak lagi didominasi kabar dari kota-kota besar seperti Jakarta dan Surabaya. Kini, perhatian media sudah semakin merata hingga ke kota kecil yang sebelumnya minim sorotan. Pemberitaan tentang lingkungan hidup di Klaten misalnya. Kendati Klaten merupakan kota kecil namun liputan media terkait dengan berita lingkungan hidup mendapatkan tempat yang cukup besar. Pemberitaan terkait lingkungan hidup di Klaten cukup beragam, misalnya isu lingkungan secara umum yang diberitakan dengan view lokal. Misalnya kondisi lingkungan yang mulai rusak karena beberapa sebab. Pemberitaan lain biasanya dikaitkan dengan pihak tertentu yang diposisikan sebagai pelaku yang mendukung program lingkungan hidup atau sebaliknya. Buku ini mengulas hasil penelitian yang dilakukan tim peneliti Jurusan Ilmu Komunikasi UPN Veteran Yogyakarta dengan PT. Tirta Investama Klaten . PT. Tirta Investama Klaten adalah pihak yang kerap disebut dalam pemberitaan mereka. Sebagai perusahaan yang menjual jasa penyediaan air minum, keberadaannya erat sekali kaitannya dengan isu lingkungan hidup. Oleh karenanya menarik untuk melihat bagaimana isi pemberitaan tentang PT. Tirta Investama pada surat kabar Kedaulatan Rakyat, Suara Merdeka, Radar Jogja dan Radar Solo. Tidak hanya itu, kajian tentang bagaimana pola konsumsi media masyarakat Klaten juga diperlukan. Pola konsumsi masyarakat akan mempengaruhi pendekatan dan kebijakan setiap institusi yang berhubungan dengan media dan media itu sendiri. Strategi pengelolaan pesan dan isu serta pemilihan saluran komunikasi massa adalah hal penting yang harus dipikirkan oleh setiap institusi. Sedangkan bagi media, pola konsumsi masyarakat terhadap media juga berpengaruh untuk menyiapkan strategi agar produknya diterima oleh masyarakat.

Item Type: Book
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Utami SRI YENNI
Date Deposited: 14 Nov 2017 01:25
Last Modified: 14 Nov 2017 01:25
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/13773

Actions (login required)

View Item View Item