ANALISIS PENGENDALIAN PERSEDIAAN BAHAN BAKU KLUWIH PADA SENTRA INDUSTRI ABON NABATI KAMPUNG MRICAN KELURAHAN GIWANGAN KECAMATAN UMBULHARJO KOTA YOGYAKARTA

Sekarsari, St. Ayu (2017) ANALISIS PENGENDALIAN PERSEDIAAN BAHAN BAKU KLUWIH PADA SENTRA INDUSTRI ABON NABATI KAMPUNG MRICAN KELURAHAN GIWANGAN KECAMATAN UMBULHARJO KOTA YOGYAKARTA. Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (116kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (361kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar isi.pdf

Download (121kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Tersedianya bahan baku utama yang cukup merupakan faktor penting guna menjamin kelancaran proses produksi. Dalam lingkup pengendalian persediaan bahan baku, menentukan jumlah persediaan yang optimal dengan biaya total yang minimal menjadi keharusan yang utama. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk menganalisis kuantitas pemesanan bahan baku yang ekonomis pada Sentra Industri Abon Nabati Kampung Mrican Kelurahan Giwangan, (2) untuk mengetahui perbedaan antara biaya persediaan bahan baku yang riil dengan biaya persediaan bahan baku yang ekonomis pada Sentra Industri Abon Nabati kampung Mrican kelurahan Giwangan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode studi kasus. Macam data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Metode pengambilan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan pencatatan hasil. Sumber data diperoleh dari wawancara langsung terhadap pimpinan staff maupun karyawan yang bekerja di Sentra Industri Abon Nabati. Untuk meminumkan biaya persediaan dapat digunakan analisis kuantitas pemesanan ekonomi dan total biaya persediaan. Hasil analisis yang diperoleh kuantitas pemesanan tidak ekonomis karena rata – rata kuantitas pemesanan bahan baku yang riil adalah sebanyak 232,5 Kg lebih besar dari rata – rata kuantitas pemesanan EOQ adalah sebanyak 203,095 Kg. Dan terdapat perbedaan yang berarti antara total biaya persediaan bahan baku yang nyata dengan total biaya persediaan bahan baku ekonomis pada Sentra Industri Abon Nabati kampung Mrican kelurahan Giwangan, sehingga total biaya persediaan bahan baku pada industri tersebut tidak ekonomis. Kata Kunci : Pengendalian Bahan Baku, Kuantitas Pemesanan Ekonomi (EOQ), Total Biaya Persediaan (TIC)

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Basir Umaryadi
Date Deposited: 10 Nov 2017 06:18
Last Modified: 10 Nov 2017 06:18
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/13760

Actions (login required)

View Item View Item