KAJIAN TEKNIS PRODUKSI ALAT MUAT DAN ALAT ANGKUT PADA PEMBONGKARAN LAPISAN PENUTUP DI PIT 94 PT. PAMAPERSADA NUSANTARA KALIMANTAN TIMUR

PRADANA, ALDONOVA PUTRA (2017) KAJIAN TEKNIS PRODUKSI ALAT MUAT DAN ALAT ANGKUT PADA PEMBONGKARAN LAPISAN PENUTUP DI PIT 94 PT. PAMAPERSADA NUSANTARA KALIMANTAN TIMUR. Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (264kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
RINGKASAN.pdf

Download (244kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (108kB) | Preview

Abstract

RINGKASAN PT. Pamapersada Nusantara Distrik Jembayan adalah perusahaan swasta yang bergerak dalam bidang pertambangan dimana perusahaan ini merupakan kontraktor perusahaan PT. Jembayan Muarabara yang terletak di Desa Separi, Kecamatan Tenggarong Seberang, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur. Kegiatan pembongkaran tanah penutup saat ini dilakukan menggunakan backhoe Komatsu PC3000-6 sebagai alat muat, dan dumptruck Komatsu HD785-7 sebagai alat angkut. Permasalahan yang terjadi saat ini adalah belum tercapainya target produksi tanah penutup sebesar 1.100 bcm/jam. Produksi aktual yang dapat dihasilkan sebesar 686,7785 bcm/jam pada alat muat, dan 666,485 bcm/jam pada alat angkut. Hal ini disebabkan karena rendahnya waktu kerja efektif akibat dari hambatan-hambatan yang ada sehingga efisiensi kerja alat menjadi rendah. Upaya yang dapat dilakukan agar target produksi pembongkaran tanah penutup dapat tercapai yaitu dengan meningkatan waktu kerja sehingga efisiensi kerja alat meningkat, mengoptimalkan waktu edar alat dan penambahan jumlah alat. Setelah dilakukan perbaikan pada waktu kerja efektif, waktu edar alat, dan penambahan alat didapatkan kemampuan produksi sebesar 1196,58 bcm/jam untuk alat muat, dan 1152,791 bcm/jam pada alat angkut.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Basir Umaryadi
Date Deposited: 03 Nov 2017 07:11
Last Modified: 03 Nov 2017 07:11
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/13619

Actions (login required)

View Item View Item