ANALISIS USAHA PENGGEMUKAN TERNAK SAPI POTONG “SUMBA ONGOLE” DI DESA KALIUDA KECAMATAN PAHUNGA LODU KABUPATEN SUMBA TIMUR

LAPU, ADI UMBU (2017) ANALISIS USAHA PENGGEMUKAN TERNAK SAPI POTONG “SUMBA ONGOLE” DI DESA KALIUDA KECAMATAN PAHUNGA LODU KABUPATEN SUMBA TIMUR. Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (230kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (424kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (166kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (308kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis besarnya keuntungan peternak dalam usaha penggemukan ternak sapi potong “Sumba Ongole” di Desa Kaliuda dan menganalisis kelayakan usaha penggemukan ternak sapi potong “Sumba Ongole” di Desa Kaliuda. Metode dasar yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif, yaitu membuat deskripsi, gambaran atau lukisan secara sistematis, faktual dan akurat mengenai fakta-fakta, sifat-sifat serta hubungan antar fenomena yang diselidiki. Metode pelaksanaan yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei, kejadian-kejadian relatif, distribusi, dan hubungan-hubungan antar variabel sosiologis maupun psikologis. Metode pengambilan daerah penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode purposive sampling, dimana pengambilan daerah penelitian dipilih dengan pertimbangan, bahwa Desa Kaliuda adalah Desa dengan jumlah populasi sapi Sumba Ongole terbesar di Kecamatan Pahunga Lodu, yaitu 1292 ekor pada tahun 2015. Metode pengambilan responden peternak dengan menggunakan metode sensus, sehingga Populasi dalam penelitian ini adalah 70 orang peternak yang mengusahakan penggemukan ternak sapi “Sumba Ongole” di Desa Kaliuda Kecamatan Pahunga Lodu. Data yang digunakan pada penelitian ini adalah data primer melalui observasi dan wawancara langsung dengan peternak sapi potong “sumba ongole” di Desa Kaliuda Kecamatan Pahunga Lodu Kabupaten Sumba Timur, dan data skunder yang diperoleh dari BPS Kabupaten Sumba Timur, Kantor Kecamatan Pahunga Lodu, Kantor Desa Kaliuda dan instansi-instansi terkait. Sumber data diperoleh dari instansi Desa Kaliuda, Literatur dan internet. Pengumpulan data dengan cara wawancara, pencatatan, dan observasi. Keuntungan peternak sebesar Rp. 39.055.434,5. Profit rate sebesar 10,2297%. Kata kunci :Usaha Ternak, Sapi Sumba Ongole, Keuntungan, Kelayakan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Basir Umaryadi
Date Deposited: 23 Oct 2017 03:30
Last Modified: 23 Oct 2017 03:30
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/13448

Actions (login required)

View Item View Item