RENCANA TEKNIS REKLAMASI PADA LAHAN TIMBUNAN TANAH AREA PARAK KOPI PT. SEMEN PADANG (PERSERO) INDARUNG PROVINSI SUMATERA BARAT

FEBRIANSYAH, ALDRIN (2017) RENCANA TEKNIS REKLAMASI PADA LAHAN TIMBUNAN TANAH AREA PARAK KOPI PT. SEMEN PADANG (PERSERO) INDARUNG PROVINSI SUMATERA BARAT. Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (52kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
3.RINGKASAN.pdf

Download (43kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI.pdf

Download (32kB) | Preview

Abstract

RINGKASAN PT. Semen Padang terletak di kelurahan Indarung, Kecamatan Lubuk Kilangan, Kota Padang, Provinsi Sumatera Barat. Kegiatan penambangan yang dilakukan PT. Semen Padang adalah penambangan batu gamping dan silika. Permasalahan yang timbul pada lahan bekas penambangan PT. Semen Padang, Indarung, Sumatera Barat, antara lain : Kondisi lahan bekas penambangan yang belum tertata dengan baik, permukaan lahan yang tidak rata dan banyaknya tebing yang relatif curam sehingga bahaya longsor. Beberapa lokasi yang tidak terganggu oleh kegiatan produksi belum dilakukan reklamasi. Rencana reklamasi yang akan dilakukan mencakup penataan lahan, pengendalian erosi dan sedimentasi, serta revegetasi dan pemeliharaan. Berdasarkan kondisi lahan yang ada, lahan akan ditata dan dibentuk terasan berupa teras bangku. Penataan lahan dilakukan untuk menyiapkan lahan menjadi lahan siap tanam dengan tanamannya yaitu tanaman jabon merah dan rumput gajah, yang pengerjaannya dilakukan selama 14 hari. Setelah itu dilakukan perencanaan pengendalian erosi dan sedimentasi dengan pembuatan teras dan pembuatan saluran terbuka. Dari hasil perhitungan yang dilakukan, dimensi saluran terbuka berbentuk trapesium dengan lebar penampang atas masing-masing jenjang 1,5 m, lebar penampang bawah 1 m, kedalaman 1 m dan kemiringan sisi 60o. Lama waktu pengerjaan pembuatan saluran selama 8 hari. Revegetasi dilakukan dengan menggunakan tanaman jabon merah sebanyak 288 bibit dan rumput gajah sebanyak 90.000 bibit. Pengelolaan tanah pucuk, penanaman, dan pengisian lubang tanaman untuk jabon merah dan rumput gajah dilakukan selama 39 hari dengan tenaga manusia. Dari perencanaan reklamasi yang telah dilakukan, terjadi penurunan Tingkat Bahaya Erosi (TBE) dari 2.018,47 (Kategori Sangat Berat) menjadi 44,92 ( Kategori Ringan).

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Basir Umaryadi
Date Deposited: 18 Oct 2017 07:43
Last Modified: 18 Oct 2017 07:43
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/13360

Actions (login required)

View Item View Item