PERBAIKAN SISTEM KERJA DENGAN PENDEKATAN MACROERGONOMICS ANALYSIS AND DESIGN (Studi Kasus di Sentra Ayam Goreng Kalasan, Bendan Purwomartani Kalasan Sleman)

Adriati, Mayda (2017) PERBAIKAN SISTEM KERJA DENGAN PENDEKATAN MACROERGONOMICS ANALYSIS AND DESIGN (Studi Kasus di Sentra Ayam Goreng Kalasan, Bendan Purwomartani Kalasan Sleman). Other thesis, UPN "VETERAN" YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (284kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (156kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (266kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Sentra Ayam Goreng Kalasan merupakan salah satu sentra di Kabupaten Sleman. Keadaan sistem kerja yang ada masih kurang diperhatikan yang meliputi faktor kondisi pekerjaan, lingkungan fisik, teknologi dan organisasi. Pekerja dibagian pencucian ayam merasa kurang nyaman, pegal-pegal, serta sulit berkonsentrasi. Hal tersebut membuat pekerjaan kurang efektif dan efisien. Penelitian ini memperbaiki sistem kerja dengan pendekatan Macro Ergonomics Analysis and Design (MEAD) dari empat faktor. MEAD membantu menganalisis permasalahan yang signifikan pada sistem kerja sehingga dapat dibuat usulan perbaikan. Tujuan dari penelitian ini adalah memperbaiki sistem kerja pada Sentra Ayam Goreng Kalasan. Berdasarkan hasil analisis yang dilakukan diperoleh faktor kunci kondisi pekerjaan dengan varian kondisi pekerjaan yang monoton dan lama, pekerja merasa lelah, bosan dan mengalami penurunan konsentrasi. Usulan perbaikan yang dilakukan yaitu dengan memperbaiki tata letak fasilitas yang memperhatikan postur kerja dibantu dengan pendekatan REBA dan membuat Standard Operating Procedure (SOP) yang berupa peta tangan kiri dan tangan kanan. Hasil penilaian REBA menunjukkan bahwa postur mengambil ayam berada pada tingkat bahaya di level 8 (level resiko tinggi, memerlukan perbaikan segera), setelah dilakukan perbaikan tata letak fasilitas terjadi penurunan level menjadi level 4 (level resiko sedang, perubahan perlu dilakukan). Sedangkan untuk pembuatan SOP dengan peta tangan kiri dan tangan kanan dilakukan eliminasi elemen-elemen gerak yang kurang efektif dan diperoleh pengurangan waktu proses pencucian ayam sebesar 30 menit (2,5 jam menjadi 2 jam). Kata kunci: Sistem kerja, Macro Ergonomics Analysis and Design (MEAD), kondisi pekerjaan, REBA, Standard Operating Procedure (SOP), Peta tangan kiri dan tangan kanan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Basir Umaryadi
Date Deposited: 13 Oct 2017 06:29
Last Modified: 13 Oct 2017 06:29
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/13294

Actions (login required)

View Item View Item