SIMULASI TATA LETAK KENDARAAN GUNA MENGURANGI TINGKAT KEMACETAN (Studi Kasus pada Jl. C. Simanjuntak, Terban, Gondokusuman, Yogyakarta)

Rakadiputra, Andana Dwi Aprilia (2017) SIMULASI TATA LETAK KENDARAAN GUNA MENGURANGI TINGKAT KEMACETAN (Studi Kasus pada Jl. C. Simanjuntak, Terban, Gondokusuman, Yogyakarta). Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
3. COVER_ANDANA DWI APRILIA RAKADIPUTRA_122130244.pdf

Download (123kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI_ANDANA DWI APRILIA RAKADIPUTRA_122130244.pdf

Download (295kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. ABSTRAK_ANDANA DWI APRILIA RAKADIPUTRA_122130244.pdf

Download (154kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. LEMBAR PENGESAHAN_ANDANA DWI APRILIA RAKADIPUTRA_122130244.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Jl. C. Simanjuntak merupakan jalan yang cukup ramai dilalui masyarakat kota Yogyakarta. Jalan tersebut dianggap cukup strategis karena banyaknya pusat perbelanjaan, tempat pendidikan formal dan non formal, serta berbagai jenis usaha di dalamnya. Namun, keramaian yang terjadi justru mendatangkan masalah bagi jalan tersebut. Permasalahan yang terjadi pada Jl. C. Simanjuntak adalah seringnya timbul kemacetan diakibatkan oleh kendaraan yang akan menuju beberapa lokasi pada jalan tersebut, serta kendaraan yang posisi parkirnya kurang tertata rapi. Penelitian ini mensimulasikan pemilihan pola parkir kendaraan yang paling tepat untuk 4 lokasi teramai di Jl. C. Simanjuntak. Berdasarkan hasil simulasi tersebut dapat dilihat jumlah kendaraan yang seharusnya dapat masuk dan keluar dari lokasi penelitian. Simulasi tersebut dilakukan menggunakan software ProModel 7.5. . Hasil simulasi sistem nyata kemudian dijadikan dasar untuk membuat skenario baru. Pada penelitian ini dibangun 4 skenario. Skenario pertama dilakukan untuk menghitung jumlah kendaraan yang dapat ditampung oleh luasan lokasi sebenarnya. Skenario kedua, ketiga, dan keempat adalah mengubah sudut posisi parkir kendaraan menjadi 30°, 45°, dan 60°. Berdasarkan pengolahan data, skenario terpilih adalah skenario keempat karena jumlah kendaraan yang dapat ditampung lebih banyak dibandingkan skenario pertama, kedua, dan ketiga. Kebijakan yang tepat untuk meningkatkan jumlah kendaraan dan mengurangi tingkat kemacetan pada Jl. C. Simanjuntak adalah dengan memaksimalkan luas lahan. Kata kunci: jalan, kemacetan, jumlah kendaraan, parkir, simulasi, ProModel.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Sarimin Sarimin
Date Deposited: 09 Oct 2017 03:17
Last Modified: 09 Oct 2017 03:17
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/13205

Actions (login required)

View Item View Item