GEOLOGI, KONTROL FASIES DAN PERUBAHAN KONTAK FLUIDA PADA FORMASI DURI, FORMASI BEKASAP, DAN FORMASI BANGKO PADA LAPANGAN “ER” CEKUNGAN SUMATRA TENGAH BERDASARKAN DATA CORE, DATA WIRELINE LOG, DATA LABORATORIUM DAN DATA PRODUKSI

Pamungkas, Erlangga Rahadian Putra (2017) GEOLOGI, KONTROL FASIES DAN PERUBAHAN KONTAK FLUIDA PADA FORMASI DURI, FORMASI BEKASAP, DAN FORMASI BANGKO PADA LAPANGAN “ER” CEKUNGAN SUMATRA TENGAH BERDASARKAN DATA CORE, DATA WIRELINE LOG, DATA LABORATORIUM DAN DATA PRODUKSI. Other thesis, UPN "VETERAN" YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (187kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (220kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (186kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar isi.pdf

Download (320kB) | Preview

Abstract

SARI Penelitian ini dilakukan pada Lapangan “ER”, Cekungan Sumatera Tengah, yang merupakan salah satu lapangan milik PT. Chevron Pasific Indonesia. Lapangan “ER” terletak ±50 km dari timur laut Lapangan Duri di Blok Rokan CPI. Waktu pelaksanaan tugas akhir selama dua bulan, yang terhitung mulai tanggal 17 Oktober 2016-16 Desember 2016. Reservoar target terletak pada Formasi Duri, Bekasap dan Bangko yang termasuk pada Kelompok Sihapas pada Lapangan “ER”. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif analisis, yaitu dengan cara melakukan deskripsi data inti batuan, korelasi struktur, interpretasi kandungan fluida, dan pemetaan distribusi fasies. Data log yang digunakan untuk korelasi adalah data log GR, log densitas, log Neutron, dan log DRES. Data log sumur berjumlah 44 sumur, yang menyebar dari baratlaut hingga tenggara daerah telitian. Hasil analisa inti batuan pada sumur #M01, #M06, #M10, #M11, #M20, #M26, #M33 dan #34 terdapat fasies intertidal batupasir bar pada reservoar Formasi Bekasap dan Bangko dan fasies intertidal mixed flat pada reservoar Formasi Duri. Berdasarkan interpretasi litofasies dan asosiasi fasies maka didapatkan lingkungan pengendapan Formasi Bangko, Bekasap dan Duri terendapkan pada lingkungan tide dominated estuary. Berdasarkan data inti batuan, analisis wireline log, analisis fluida, dan data lab didapatkan hasil bahwa reservoar pada Formasi Bekasap merupakan reservoar yang sangat bagus untuk target operasi dibandingkan pada Formasi Duri dan Bangko.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > QE Geology
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Basir Umaryadi
Date Deposited: 12 Sep 2017 03:17
Last Modified: 12 Sep 2017 03:17
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/12803

Actions (login required)

View Item View Item