RENCANA PASCATAMBANG BATU ANDESIT DI PT. AGUNG BARA CEMERLANG, DESA KALIREJO, KECAMATAN KOKAP, KABUPATEN KULON PROGO, DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

RIADY KURNIAWAN, NOOR (2017) RENCANA PASCATAMBANG BATU ANDESIT DI PT. AGUNG BARA CEMERLANG, DESA KALIREJO, KECAMATAN KOKAP, KABUPATEN KULON PROGO, DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA. Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (479kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (505kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (349kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (238kB) | Preview

Abstract

PT. Agung Bara Cemerlang adalah salah satu perusahaan swasta nasional yang bergerak di bidang pertambangan batu tambang, terletak di Desa Kalirejo, Kecamatan Kokap, Kabupaten Kulon Progo, Provinsi DIY. Perusahaan ini memiliki rencana umur tambang selama 15 tahun dengan total wilayah seluas 50 ha dan dengan luas wilayah operasi dan produksi seluas 30 ha. Untuk melaksanakan pembangunan yang berkelanjutan setelah akhir kegiatan pertambangan serta menjaga pengembangan kesejahteraan masyarakat di daerah sekitar lokasi kegiatan pertambangan maka diperlukan kegiatan pascatambang. Dalam kajian mengenai rencana pasca tambang salah satunya dilakukan melalui konsultasi dengan pemangku kepentingan (Stakeholder) di Tingkat Kabupaten. Tujuan konsultasi tersebut adalah untuk dapat memperoleh tanggapan, saran, masukan, dan pandangan dari berbagai pihak yang berkepentingan dengan rencana penutupan tambang termasuk rencana alih pengelolaan fasilitas tambang kepada para pemangku kepentingan serta perubahan rencana peruntukan lahan. Para stakeholder yang mewakili untuk menjadi responden dalam kajian ini adalah perangkat desa setempat, masyarakat umum, dan perwakilan pegawai dari dinas pertambangan di Kulon Progo. Responden diminta untuk memberikan tanggapan mengenai prasarana, status lahan, tenaga kerja, dan pemantauan setelah kegiatan pertambangan berakhir. Rencana Pasca Tambang WIUP Operasi Produksi PT. Agung Bara Cemerlang dilakukan dari tahun ke-16 sampai tahun ke-17. Secara garis besar rencana teknis tersebut meliputi penataan lahan, yaitu dengan melakukan penataan tanah pucuk (top soil) dan penataan tanah penutup (over burden). Over burden nantinya akan ditata hingga rata, dengan volume over burden yang dibutuhkan adalah 15.317,6 LCM. Pemilihan penataan tanah pucuk harus mampu memenuhi aspek teknis, antara lain ketersediaan tanah pucuk, melibatkan tenaga kerja lokal dan dapat menjadi media tanam bagi tanaman penutup maupun tanaman inti. Metode penataan tanah pucuk yang dipilih adalah metode perataan tanah dengan volume tanah pucuk yang dibutuhkan sebanyak 5.580 LCM. Tanaman yang digunakan pada kegiatan revegetasi ada dua, yaitu tanaman penutup tanah atau cover crops berupa kacang-kacangan dan tanaman inti berupa tanaman sengon dan kelapa. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan bahwa kegiatan pascatambang PT. Agung Bara Cemerlang menuju ke arah pertanian, maka dari itu pascatambang akan dilakukan sesuai dengan Perda Kulon Progo No. 1 Tahun 2012. Adapun pemanfaatan lahan seperti kantor, workshop, jalan angkut dan lain-lain akan diserahkan ke Pemda setempat.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > TN Mining engineering. Metallurgy
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 08 Sep 2017 08:13
Last Modified: 08 Sep 2017 08:13
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/12766

Actions (login required)

View Item View Item