ANALISIS PROSES GRINDING UNTUK MENDAPATKAN OPTIMASI DERAJAT LIBERASI MINERAL EMAS DESA PANINGKABAN, KECAMATAN GUMELAR KABUPATEN BANYUMAS, JAWA TENGAH

HARDIYANTO, EKO (2017) ANALISIS PROSES GRINDING UNTUK MENDAPATKAN OPTIMASI DERAJAT LIBERASI MINERAL EMAS DESA PANINGKABAN, KECAMATAN GUMELAR KABUPATEN BANYUMAS, JAWA TENGAH. Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (335kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (388kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (423kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (560kB) | Preview

Abstract

Usaha pertambangan emas Paningkaban terletak di Jawa Tengah bagian Barat. Penambangan bijih emas Paningkaban diusahakan oleh penambang rakyat di bawah naungan Koperasi Sumber Rejeki. Selama ini dalam Pengolahan emas salah satunya tahap preparasi oleh penambang rakyat tidak efektif sehingga perolehan emas rendah karena derajat liberasi rendah dan kadar pada tailing masih tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kondisi optimum memperoleh derajat liberasi mineral emas yang sempurna dan karakterisasi bijih emas dengan melakukan preparasi sesuai prosedur. Umpan untuk grinding merupakan bijih emas yang telah direduksi ukuran menggunakan jaw crusher. Grinding dilakukan terhadap 9 sampel dengan berat masing-masing 1000 gram menggunakan variabel waktu (2 jam, 4 jam dan 8 jam) dan jumlah rod yang digunakan (3, 5 dan 7 batang). Distribusi ukuran sesudah grinding dilakukan dengan pengayakan ukuran 60 mesh, 70 mesh, 80 mesh, 100 mesh, 120 mesh, 150 mesh, 200 mesh dan 270 mesh dan setiap fraksi dilakukan pengamatan menggunakan mikroskop polarisasi. Hasil penelitian dengan mikroskop polarisasi menunjukan emas terliberasi sempurna pada ukuran minus 200 mesh (-0,074 mm) dengan derajat liberasi sebesar 80%. Mineral emas terikat dengan mineral pirit, kalkopirit, galena, spalerit dan gangue mineral. Hasil grinding menunjukan bahwa kondisi optimum waktu yang dibutuhkan untuk memperoleh derajat liberasi yang sempurna yaitu 4 jam menggunakan 5 batang baja dengan derajat liberasi sebesar 80%. Kata kunci : bijih emas, grinding, distribusi ukuran, waktu penggilingan, jumlah rod yang digunakan, derajat liberasi.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 06 Sep 2017 04:15
Last Modified: 20 Dec 2017 03:26
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/12733

Actions (login required)

View Item View Item