ANALISIS OPTIMASI PENGGUNAAN FAKTOR PRODUKSI DAN RISIKO PRODUKSI CABAI MERAH LAHAN PASIR DI DESA SRIGADING KECAMATAN SANDEN KABUPATEN BANTUL

FIKRI, MUMTADUL (2017) ANALISIS OPTIMASI PENGGUNAAN FAKTOR PRODUKSI DAN RISIKO PRODUKSI CABAI MERAH LAHAN PASIR DI DESA SRIGADING KECAMATAN SANDEN KABUPATEN BANTUL. Other thesis, UPN "VETERAN" YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (81kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (360kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (11kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (96kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan (1) Menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi produksi cabai merah. (2) Menganalisis optimasi penggunaan faktor produksi cabai merah. (3) Menganalisis risiko produksi cabai merah. Metode yang digunakan yaitu metode survey. Sedangkan metode penentuan lokasi menggunakan metode purposive. Sampel yang digunakan sebanyak 39 responden dan pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling. Macam data yang digunakan yaitu data primer dan data sekunder. Sumber data yang diperoleh dari kelompok tani Cabai Merah Lahan Pasir di Desa Srigading, Kabupaten Bantul. Selain itu juga dari dinas pemerintah terkait, literatur (studi pustaka) dan internet. Teknik pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara dan pencatatan. Untuk menganalisis faktor produksi digunakan analisis regresi dengan model fungsi produksi Cobb-Douglass, untuk menghitung penggunaan input yang optimal dengan cara menghitung rasio antara Marginal Value Product (MVP) dengan harga input (Px), dan untuk mengetahui besarnya risiko produksi dianalisis dengan menggunakan koefisien variasi (CV). Hasil penelitian menunjukkan : (1) Faktor produksi bibit dan pupuk KCl berpengaruh terhadap produksi cabai merah lahan pasir di Desa Srigading. (2) Penggunaan faktor bibit belum optimal, sedangkan faktor pupuk KCl pada usaha tanaman cabai lahan pasir tidak optimal. (3) Risiko produksi diperoleh nilai koefisien variasi (CV) 0,19. Kata kunci : Faktor Produksi, Optimasi, Risiko Produksi, Cabai Merah, Lahan Pasir.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Basir Umaryadi
Date Deposited: 24 Aug 2017 03:28
Last Modified: 24 Aug 2017 03:28
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/12654

Actions (login required)

View Item View Item