PENGARUH JARAK SAYATAN TERHADAP PENAKSIRAN SUMBERDAYA BATU GAMPING DI GUNUNG POKERSO PT. SUGIH ALAMNUGROHO KAB. GUNUNGKIDUL DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

IRAWAN, ADE BAMBANG (2017) PENGARUH JARAK SAYATAN TERHADAP PENAKSIRAN SUMBERDAYA BATU GAMPING DI GUNUNG POKERSO PT. SUGIH ALAMNUGROHO KAB. GUNUNGKIDUL DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA. Other thesis, UPN "VETERAN" YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (402kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK.pdf

Download (10kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. DAFTAR ISI.pdf

Download (14kB) | Preview

Abstract

RINGKASAN PT. Sugih Alamnugroho adalah perusahaan pertambangan batugamping yang berada di Yogyakarta. Saat ini penambangan hanya dilakukan pada Gunung Sidowayah saja sedangkan gunung yang lain belum ditambang. Adanya permintaan pasar yang semakin meningkat dan cadangan di Gunung Sidowayah yang semakin sedikit maka dilakukan penaksiran sumberdaya di Gunung Pokerso, agar setelah cadangan di Gunung Sidowayah habis dapat dilanjutkan ke Gunung Pokerso sehingga permintaan pasar dapat dipenuhi. Penaksiran sumberdaya pada Gunung Pokerso PT. Sugih Alamnugroho dilakukan dengan menggunakan Metode Cross Section. Penaksiran dibatasi dari elevasi 425 mdpl sampai 370 mdpl dan batas IUP perusahaan tersebut. Adapun pengukuran luas dengan menggunakan bantuan program Autocad 2007. Garis penampang dilewatkan topografi puncak dan lembah, hal ini akan berpengaruh terhadap luas penampang dan volume. Penaksiran volume dapat menggunakan rumus cone (kerucut), rumus frustum dan rumus mean area. Penggunaan rumus ini tergantung pada selisih luas antara dua penampang. Semakin kecil jarak antar penampang maka hasil penaksiran semakin akurat. Pada penelitian ini penaksiran dianggap akurat adalah pada jarak 10 m, dengan tonase sebesar 2.929.019 ton, tetapi pada jarak penampang 40 m hasil penaksirannya justru terbesar yaitu 2.978.486 ton dan pada jarak 100 m hasil penaksirannya terkecil yaitu 2.577.065 ton. Hasil penaksiran terbesar, menunjukkan pada jarak tersebut terjadi pelurusan yang menyebabkan penambahan volume, sebaliknya hasil penaksiran yang lebih kecil menunjukkan pada jarak tersebut terjadi pelurusan yang menyebabkan pengurangan volume.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Basir Umaryadi
Date Deposited: 10 Aug 2017 07:19
Last Modified: 10 Aug 2017 07:19
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/12603

Actions (login required)

View Item View Item