GEOLOGI DAN FASIES PENGENDAPAN FORMASI HALANG DAERAH SAWANGAN DAN SEKITARNYA, KECAMATAN PITURUH, KABUPATEN PURWOREJO, PROVINSI JAWA TENGAH

PANGESTU, MIRZSA (2017) GEOLOGI DAN FASIES PENGENDAPAN FORMASI HALANG DAERAH SAWANGAN DAN SEKITARNYA, KECAMATAN PITURUH, KABUPATEN PURWOREJO, PROVINSI JAWA TENGAH. Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (252kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (258kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (278kB) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (302kB) | Preview

Abstract

Secara administratif daerah telitian berada di Daerah Sawangan, Kecamatan Pituruh, Kabupaten Purworejo, Provinsi Jawa Tengah dan secara geografis terletak pada koordinat X: 372000 – 377000 dan Y: 9155000 – 9161000. Luas daerah penelitian memiliki luas ± 36 km² dengan skala 1:12.500. Berdasarkan aspek – aspek geomorfologi daerah penelitian dibagi menjadi dua bentukan asal dan tiga bentuk lahan, yaitu: a) Bentukan asal struktural yang terdiri atas satuan geomorfologi perbukitan homoklin (S1), lembah struktural (S2). b) Bentuk asal fluvial dengan satuan bentuk lahan dataran aluvial (F1). Berdasarkan hasil pengamatan lapangan dan analisa laboratorium, daerah telitian dibagi menjadi tiga satuan litostratigrafi tidak resmi dengan urutan dari tua ke muda sabagai berikut: Satuan batupasir Halang berumur Miosen Akhir – Pliosen Awal (N16 –N19), Satuan breksi Peniron berumur Pliosen Awal (N18 – N19), dan Satuan endapan aluvial (Holosen). Struktur geologi daerah telitian berupa Sesar Mendatar Kapiteran dengan nama Reverse Right Slip Fault, Sesar Mendatar Purbayan dengan nama Right Slip Fault. Berdasarkan hasil analisis fasies pengendapan pada tujuh titik lokasi pengamatan diketahui bahwa pada Satuan batupasir Halang terjadi fase progradasi yang mempengaruhi susunan fasies secara keseluruhan dari tua ke muda yang tampak pada perubahan fasies Lower Fan ke Smooth portion of Suprafan Lobes.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > QE Geology
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 10 Aug 2017 03:59
Last Modified: 10 Aug 2017 03:59
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/12600

Actions (login required)

View Item View Item