RENCANA REKLAMASI LAHAN BEKAS PENAMBANGAN BATU ANDESIT DI TAMBANG ILEGAL DESA HARGOREJO, KECAMATAN KOKAP, KABUPATEN KULON PROGO, DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

MUKTI, WINDU KUNCORO (2017) RENCANA REKLAMASI LAHAN BEKAS PENAMBANGAN BATU ANDESIT DI TAMBANG ILEGAL DESA HARGOREJO, KECAMATAN KOKAP, KABUPATEN KULON PROGO, DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA. Other thesis, UPN "VETERAN" YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
1 COVER.pdf

Download (60kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3 HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (354kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2 RINGKASAN DAN ABSTRAK.pdf

Download (26kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4 DAFTAR ISI.pdf

Download (12kB) | Preview

Abstract

RINGKASAN Kegiatan penambangan batu andesit yang dikelola masyarakat di Desa Hargorejo, Kecamatan Kokap, Kabupaten Kulon Progo, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta tidak memiliki ijin penambangan rakyat (IPR) dan berpotensi merusak lingkungan serta tidak memperhatikan keselamatan kerja. Lahan yang semula dapat ditanami berubah menjadi lahan yang tidak subur, banyak dijumpai lubang bekas galian serta tebing yang memiliki kemiringan lereng relatif tegak dan menyebabkan rawan terjadi runtuhan. Rencana reklamasi yang dilakukan mencakup penataan lahan, penanggulangan erosi dan sedimentasi, revegetasi dan pemeliharaan. Penataan lahan dilakukan untuk menyiapkan lahan menjadi lahan siap tanam dengan tanaman Cengkeh dengan jarak tanam 4 m x 4 m. Berdasarkan kondisi lahan yang ada lahan akan ditata dan dibentuk terasan berupa teras bangku dengan dimensi lebar teras 5 meter, tinggi 5 meter dan kemiringan lereng 450. Penataan lahan dilakukan dengan menggunakan Hyraulic Breaker Excavator sebanyak 2 unit, Excavator sebanyak 2 unit, dan Dump Truck sebanyak 1 unit selama 32 hari. Tanah pucuk yang tersedia sebanyak 32,96 m3 dan akan digunakan untuk revegetasi dengan sistem Pot. Dimensi masing-masing pot adalah 0,5 m x 0,5 m x 0,5 m, jumlah 223 lubang pot maka akan membutuhkan tanah pucuk sebanyak 27,87 m3. Durasi waktu pembuatan pot dan revegetasi selama 7 hari dengan 2 pekerja. Selain itu juga dilakukan penanggulagan erosi dengan pembuatan saluran terbuka berbentuk trapesium dengan dimensi saluran lebar atas 0,7 m, lebar bawah 0,4 m, kedalaman 0,4 m dan kemiringan sisi 60o. Dari rencana reklamasi yang dilakukan terjadi penuruan Tingkat Bahaya Erosi (TBE) dari 27,37 ton/Ha/tahun (kelas II, ringan) menjadi 3,43 ton/Ha/tahun (kelas I, sangat ringan).

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Basir Umaryadi
Date Deposited: 04 Aug 2017 02:41
Last Modified: 04 Aug 2017 02:41
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/12540

Actions (login required)

View Item View Item