GEOLOGI DAN STUDI PROVENANCE BATUPASIR KUARSA FORMASI BALIKPAPAN DAERAH MUTIARA DAN SEKITARNYA KECAMATAN SAMBOJA KABUPATEN KUTAI KARTANANEGARA PROVINSI KALIMANTAN TIMUR

Suhendra, Suhendra (2017) GEOLOGI DAN STUDI PROVENANCE BATUPASIR KUARSA FORMASI BALIKPAPAN DAERAH MUTIARA DAN SEKITARNYA KECAMATAN SAMBOJA KABUPATEN KUTAI KARTANANEGARA PROVINSI KALIMANTAN TIMUR. Other thesis, UPN "VETERAN" YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (398kB) | Preview
[img]
Preview
Text
SARI.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (207kB) | Preview

Abstract

Daerah telitian secara geografis berdasarkan UTM 50 WGS 84 terletak pada koordinat 500000 mE – 504000 mE dan 9891000 mN – 9895000 mN dan secara administrasi terletak di Daerah desa Mutiara kelurahan Sei Seluang Kecamatan Samboja Kabupaten Kutai Kartanegara Provinsi Kalimantan Kalimantan Timur. Luasan daerah penelitian adalah 5x4 km² dengan skala 1:12.500. Secara geomorfik, daerah telitian dibagi menjadi tiga satuan bentukan asal, yaitu Bentukan asal Denudasional yang terdiri dari satuan geomorfik Perbukitan Terdenudasi (D1). Bentukan asal Fluvial yang terdiri dari satuan Dataran Aluvial (F1). Bentukan asal Antropogenik yang terdiri dari satuan geomorfik Lembah Bukaan Tambang (A1). Stratigrafi daerah telitian terdiri dari 4 satuan batuan, yaitu (dari tua ke muda) Satuan batupasir-kuarsa Balikpapan berumur Miosen Tengah kemudian diendapkan selaras satuan batulempung Balikpapan berumur Miosen Akhir dan diikuti Satuan batupasir Kampung Baru yang berumur Pliosen (Awal-Akhir), dan tidak selaras di endapkan endapan Aluvial yang berumur Resen. Struktur geologi yang berkembang pada daerah telitian berupa struktur lipatan berarah umum barat daya-timur laut, sesar mendatar kanan atau Right Slip Fault berarah barat laut-tenggara. Hasil plot diagram QFL dan QmFLt satuan batupasir-kuarsa Balikpapan pada daerah telitian termasuk kedalam zona croton interior, subzone transitional continental. Hasil plot diagram model QFL, lingkungan tektonik batuan asal (provenance) satuan batupasir-kuarsa Balikpapan berasal dari zona stable continental craton, dan paleoclimate daerah sumber hampir keseluruhan beriklim (humid) atau lembab. Potensi geologi yang ada pada daerah telitian terdiri dari potensi positif berupa potensi sumberdaya mineral berupa gas methan, batubara, batupasir kuarsa dan pertanian dan perkebunan. Sedangkan potensi negatif berupa gerakan tanah dan pencemaran asam tambang.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > QE Geology
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Basir Umaryadi
Date Deposited: 28 Jul 2017 07:19
Last Modified: 28 Jul 2017 07:19
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/12503

Actions (login required)

View Item View Item