LAGU ANAK SEBAGAI SARANA KOMUNIKASI PEMBELAJARAN KARAKTER ANAK DI TAMAN KANAK-KANAK YOGYAKARTA

Pratomo, Efandra Adimas (2017) LAGU ANAK SEBAGAI SARANA KOMUNIKASI PEMBELAJARAN KARAKTER ANAK DI TAMAN KANAK-KANAK YOGYAKARTA. Other thesis, UPN "VETERAN" YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
3-Cover.pdf

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4-Halaman Pengesahan.pdf

Download (245kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2-Abstrak.pdf

Download (154kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5-Daftar Isi.pdf

Download (157kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK EFANDRA ADIMAS PRATOMO. 153110099. Lagu Anak sebagai Sarana Komunikasi Pembelajaran Karakter Anak di Taman Kanak-kanak Yogyakarta. Skripsi. Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta, 2017. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui lagu anak sebagai sarana komunikasi pembelajaran karakter anak di taman kanak-kanak Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif karena data yang dikumpulkan secara apa adanya, kemudian dianalisis, serta dipaparkan secara deskriptif. Objek penelitian adalah Taman Kanak-kanak Taman Indria Ibu Pawiyatan Tamansiswa Yogyakarta, Taman Kanak-kanak Aisyiyah Bustanul Athfal Margoyoso Pakualaman Yogyakarta, dan Taman Kanak-kanak Kemala Bhayangkari 02 Yogyakarta. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi, dan wawancara. Instrumen pengumpulan data menggunakan RPP. Untuk menguji validitas instrumen dalam penelitian ini menggunakan pendapat narasumber. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa lagu anak sebagai sarana komunikasi pembelajaran karakter anak di taman kanak-kanak Yogyakarta, disimpulkan bahwa proses pembelajaran pendidikan karakter di Taman Kanak-kanak Taman Indria Ibu Pawiyatan Tamansiswa Yogyakarta, Taman Kanak-kanak Aisyiyah Bustanul Athfal Margoyoso Yogyakarta, dan Taman Kanak-kanak Kemala Bhayangkari 02 Yogyakarta, dilakukan melalui proses pembelajaran karakter dengan memasukkan muatan pendidikan karakter kedalam kurikulum sekolah. Faktor pendukung yaitu adanya muatan pendidikan karakter dalam kurikulum, motivasi sekolah untuk mutu keluaran yang berakhlak mulia serta sarana prasarana penunjang dalam pelaksanaan pembelajaran karakter. Cara yang dilakukan dengan mengadakan komunikasi antara guru-guru beserta orang tua dalam mengatasi permasalahan anak, kemudian guru terus belajar dari berbagai sumber dan selalu terbuka akan informasi-informasi. Kata kunci: Lagu Anak, Komunikasi, Karakter Anak

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Basir Umaryadi
Date Deposited: 21 Jul 2017 04:03
Last Modified: 21 Jul 2017 04:03
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/12419

Actions (login required)

View Item View Item