ANALISIS PEMBENTUKAN SCALE SILIKA PADA LAPANGAN PANASBUMI DNG MENGGUNAKAN METODA SILICA SATURATION INDEX (SSI)

PRATOMO, DANANG IBNU (2017) ANALISIS PEMBENTUKAN SCALE SILIKA PADA LAPANGAN PANASBUMI DNG MENGGUNAKAN METODA SILICA SATURATION INDEX (SSI). Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[thumbnail of ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (8kB) | Preview
[thumbnail of COVER.pdf]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (97kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (324kB) | Preview
[thumbnail of LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (195kB) | Preview
[thumbnail of daftar pustaka.pdf] Text
daftar pustaka.pdf

Download (237kB)
[thumbnail of daftar pustaka.pdf] Text
daftar pustaka.pdf

Download (237kB)

Abstract

Pada sistem panasbumi dominasi air, yang memiliki kelarutan silika yang tinggi di reservoir, cenderung terjadi pembentukan scale silika. Lapangan panasbumi DNG merupakan lapangan panasbumi dominasi air dengan temperatur yang tinggi (sekitar 300 oC) dan memiliki konsentrasi silika yang tinggi pada fluida reservoir. Pembentukan scale silika dapat terjadi pada tahapan produksi dari wellhead , pipa dua fasa sampai separator. Pembentukan scale silika dipengaruhi oleh parameter-parameter seperti tekanan, temperatur, pH, dan salinitas. Penelitian ini dilakukan pada lima sumur produksi lapangan panasbumi DNG yaitu sumur DIP-9, sumur DIP-8A, sumur DIP-17C, sumur DIP-27B, dan sumur DIP-11 dengan kondisi reservoir dan kondisi pengaturan fasilitas produksi masing-masing sumur.
Kecenderungan pembentukan scale silika di separator dapat diidentifikasi dengan menggunakan metoda Silica Saturation Index (SSI). Metoda Silica Saturation Index (SSI) dapat memprediksi pembentukan scale silika dengan membandingkan konsentrasi silika terhadap kelarutan silika amorphous. Metoda ini dilakukan setelah mendapatkan hasil perhitungan dan analisis di wellhead, pipa dua fasa, dan separator.
Pada perhitungan dengan menggunakan metoda Silica Saturation Index (SSI), pembentukan silika pada Lapangan DNG sudah terjadi di wellhead, untuk sumur DIP-9 dan DIP-17C dan di pipa dua fasa untuk sumur DIP-8A, DIP 27B, dan DIP-11. Penanganan yang dilakukan terhadap scale silika adalah dengan menggunakan 98% H2SO4 yang diinjeksikan di pipa dua fasa. Volume H2SO4 yang dapat diinjeksikan berdasarkan jumlah silika yang terbentuk di pipa dua fasa untuk sumur DIP-9 adalah 6,7410 liter/day; sumur DIP-8A adalah 1,4324 liter/day; sumur DIP-17C adalah 5,61940 liter/day; sumur DIP-27B adalah 3,56853 liter/day; dan sumur DIP-11 adalah 4,01658 liter/day

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 20 Jul 2017 03:18
Last Modified: 16 Nov 2023 06:52
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/12396

Actions (login required)

View Item View Item