Hidrogeologi dan Program Konservasi Airtanah Daerah Lereng Gunung Arjuno, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur

BAHAGIARTI KUSUMAYUDHA, Sari and PRATIKNYO, Puji and RISWANDI, Herry and MURYANI, Eni (2013) Hidrogeologi dan Program Konservasi Airtanah Daerah Lereng Gunung Arjuno, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur. In: Seminar Nasional Kebumian VIII 2013, 5 September 2013, Yogyakarta.

[thumbnail of Cover.pdf]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (7MB) | Preview
[thumbnail of Hidrogeologi dan Program Konservasi Airtanah Daerah Lereng Gunung Arjuno, Kab Pasuruan, Jawa Timur.pdf]
Preview
Text
Hidrogeologi dan Program Konservasi Airtanah Daerah Lereng Gunung Arjuno, Kab Pasuruan, Jawa Timur.pdf

Download (16MB) | Preview

Abstract

Daerah penelitian terletak di lereng Timurlaut Gunung Arjuno, termasuk wilayah Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur. Secara fisiografi berada di perbatasan Zona Kendeng bagian timur dan Subzona Solo. Berdasarkan bentk lahannya, geomorfologi daerah penelitian dapat dibagi menjadi satuan-satuan geomorfik puncak gunungapi, lereng gunungapi, dataran fluvial, dan bukit antiklin. Litologi didominasi oleh batupasir, breksi dan andesit, yang merupakan produk vulkanik gunungapi Arjuni dan Welirang. Struktur geologi yang berkembang di bagian Timurlaut adalah antiklin, sedangkan di Baratdaya adalah sesar normal, dan sesar mendatar.
Di daerah penelitian terdapat 3 daerah aliran sungai (DAS), yaitu DAS Lumbangjero, DAS Ketanireng, dan DAS Prigen. Jenis akuifer termasuk akuifer bebas dengan porositas celah dan antar butir, serta akuifer tertekan dengan porositas antar butir. Daerah imbuhan berada di ketinggian lebih dari 500meter, sedangkan daerah luahan berada di ketinggian kurang dari 500meter sampai 10 meter dari permukaan laut.

Penggunaan lahan yang terdiri dari permukiman, industri, dan pertanian merupakan sumber pencemar yang paling besar terhadap kualitas airtanah. Data pemakaian airtanah di daerah penelitian menunjukkan bahwa ketersediaan airtanah tidak seimbang dengan jumlah pengambilannya. Oleh karena itu perlu dilakukan kajian resiko terhadap kuantitas, kualitas, keberadaan, dan kesinambungan airtanah, untuk menentukan perencanaan dan langkah-langkah program konservasi air di daerah penelitian.

Kata Kunci : Sistem Hidrogeologi, Ketersediaan Airtanah, Konservasi.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: Q Science > QE Geology
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Ir. MT PUJI PRATIKNYO
Date Deposited: 19 Jul 2017 09:30
Last Modified: 24 Jul 2017 08:25
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/12383

Actions (login required)

View Item View Item