KAJIAN TEKNIS PRODUKTIVITAS ALAT MUAT DAN ANGKUT PADA KEGIATAN PENGUPASAN INTERBURDEN PIT ROTO PT. PAMAPERSADA NUSANTARA DISTRIK KIDECO KABUPATEN PASER, KALIMANTAN TIMUR

HUTABARAT, ARIF MINTA RAJA (2017) KAJIAN TEKNIS PRODUKTIVITAS ALAT MUAT DAN ANGKUT PADA KEGIATAN PENGUPASAN INTERBURDEN PIT ROTO PT. PAMAPERSADA NUSANTARA DISTRIK KIDECO KABUPATEN PASER, KALIMANTAN TIMUR. Other thesis, UPN "VETERAN" YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
3. Cover.pdf

Download (182kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. Lembar pengesahan.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Abstrak.pdf

Download (9kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. Daftar Isi.pdf

Download (19kB) | Preview

Abstract

RINGKASAN PT. Pamapersada Nusantara (PAMA) adalah perusahaan yang bergerak dalam bisnis "kontraktor pertambangan dan pemindahan tanah". Salah satu jobsite PT. Pamapersada terletak di distrik Kideco Jaya Agung, Desa Batu Kajang, Kecamatan Batu Sopang, Kabupaten Paser, Provinsi Kalimantan Timur. Sistem penambangan yang digunakan adalah sistem tambang terbuka dengan metode open pit. Penelitian dilakukan pada pit roto selatan blok C-D bertujuan untuk mengkaji kemampuan alat muat dan alat angkut berdasarkan kondisi tempat kerja dan waktu kerja efektif serta mengupayakan alternatif penyelesaiannya sehingga target produksi dapat tercapai Target produksi interburden bulanan yang ditetapkan di pit roto selatan blok C-D adalah sebesar 2.300.000 BCM. Pemuatan dan pengangkutan material interburden menggunakan 2 unit alat muat excavator backhoe Komatsu PC 2000, 2 unit alat muat excavator backhoe Hitachi EX 2500 dengan total 47 unit alat angkut dumptruck Komatsu HD 785. Produktivitas yang dihasilkan dari kombinasi alat muat dan angkut tersebut sebesar 1.946.169,77 BCM/bulan. Rata-rata waktu kerja efektif alat muat dan alat angkut pada kondisi saat ini adalah 855,1 dan 896,05 menit dari total 1344 menit/hari waktu yang tersedia. Berdasarkan kajian terhadap kondisi terhadap kondisi tempat kerja maka perlu dilakukan pelebaran jalan di tikungan, dimensi kerja alat muat dan standarisasi kemiringan jalan untuk mendukung produktivitas alat muat dan angkut. Untuk meningkatkan waktu kerja efektif dilakukan dengan mengurangi waktu hambatan yang dapat ditekan sehingga ratarata waktu kerja alat muat dan alat angkut berubah menjadi 910,85 dan 960,1 menit. Peningkatan waktu kerja efektif dan penambahan total 5 unit alat angkut dumptruck Komatsu HD 785 meningkatkan produktivitas alat angkut pada blok C-D menjadi 2.312.773,11 BCM/ bulan sehingga target produksi tercapai.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Basir Umaryadi
Date Deposited: 19 Jul 2017 08:13
Last Modified: 19 Jul 2017 08:13
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/12381

Actions (login required)

View Item View Item