ESTIMASI SUMBERDAYA ANDESIT MENGGUNAKAN METODE GEOLISTRIK RESISTIVITAS 2D DI IUP CV. CAHAYA INDRA LAKSANA KABUPATEN PURWOREJO JAWA TENGAH

BELLICO, MUHAMMAD FADIL (2017) ESTIMASI SUMBERDAYA ANDESIT MENGGUNAKAN METODE GEOLISTRIK RESISTIVITAS 2D DI IUP CV. CAHAYA INDRA LAKSANA KABUPATEN PURWOREJO JAWA TENGAH. Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[thumbnail of Abstrak.pdf]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (61kB) | Preview
[thumbnail of Cover.pdf]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (81kB) | Preview
[thumbnail of Daftar Isi.pdf]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (81kB) | Preview
[thumbnail of Lembar Pengesahan.pdf]
Preview
Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (138kB) | Preview
[thumbnail of daftar pustaka.pdf] Text
daftar pustaka.pdf

Download (259kB)

Abstract

CV. Cahaya Indra Laksana terletak di Desa Bapangsari, Kecamatan Bagelen, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah. Potensi andesit yang ada pada daerah tersebut ingin dimanfaatkan oleh CV. Cahaya Indra Laksana dengan cara membuka tambang. Ketiadaan data pendukung yang menyatakan sebaran dan sumberdaya andesit pada lokasi IUP CV. Cahaya Indra Laksana mendorong dilakukannya eksplorasi.
Kegiatan eksplorasi dilaksanakan dengan melakukan pengukuran geolistirik resistivitas 2 dimensi menggunakan konfigurasi Wenner-Schlumberger sebanyak 7 lintasan, yang mencakup 70% dari luas daerah penelitian. Penampang keadaan bawah permukaan dari hasil pengukuran resisitivitas 2 dimensi digabungkan untuk dibuat permodelan 3 dimensi. Permodelan 3 dimensi digunakan untuk melakukan estimasi sumberdaya andesit yang ada pada lokasi penelitian. Permodelan dilakukan dengan mengasumsikan setiap titik pengukuran geolistrik menjadi suatu blok. Dasar perhitungan metode blok menggunakan Inverse Distance Squared yang menganggap nilai seperjarak dari suatu titik berpengaruh terhadap titik yang diestimasi.
Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, potensi andesit terdapat pada setiap lintasan pengukuran dengan nilai resistivitas minimal 100 Ωm. Estimasi sumberdaya andesit berdasarkan data geolistrik hasil permodelan 3 dimensi dengan program Geosoft Oasis Montaj dinyatakan dalam volume sebesar 1.443.420 m3.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 18 Jul 2017 07:55
Last Modified: 20 Nov 2023 07:05
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/12309

Actions (login required)

View Item View Item