ANALISIS KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA PADA KEGIATAN PENAMBANGAN BATUGAMPING PD. SARI GUNUNG KABUPATEN PONOROGO, JAWA TIMUR

RAMADHAN, ADZHARI (2016) ANALISIS KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA PADA KEGIATAN PENAMBANGAN BATUGAMPING PD. SARI GUNUNG KABUPATEN PONOROGO, JAWA TIMUR. Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
ABSTRACT.pdf

Download (54kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (59kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (556kB) | Preview

Abstract

Perusahaan Daerah Sari Gunung (PD. Sari Gunung) adalah sebuah Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) yang bergerak dibidang pertambangan batugamping di Desa Sampung, Kecamatan Sampung, Kabupaten Ponorogo. Sistem penambangan yang digunakan adalah tambang terbuka dengan target produksi 3.285 ton per bulan. Kegiatan penambangan yang dilakukan meliputi pembongkaran, pemuatan, dan pengangkutan. Kegiatan pemuatan dilakukan dengan cara manual, sedangkan pengangkutan dilakukan menggunakan dump truck 125 PS. Kecelakaan kerja merupakan masalah yang kerap terjadi pada kegiatan penambangan batugamping. Faktor penyebab dari kecelakaan tersebut yaitu faktor manusia, lingkungan, dan peralatan. Kecelakaan kerja berdampak langsung terhadap pekerja, lingkungan, dan masyarakat sekitar, maka keselamatan kerja merupakan faktor penting yang dapat mempengaruhi produktivitas karyawan. Resiko kecelakaan serta penyakit akibat kerja dapat terjadi karena program keselamatan kerja tidak berjalan dengan baik, untuk menyusun langkah pencegahan diperlukan evaluasi terhadap potensi identifikasi potensi bahaya, penilaian resiko serta pengendalian resiko yang diterapkan di Pertambangan PD. Sari Gunung. Dari hasil penelitian dapat di rumuskan langkah pencegahan agar tidak terjadi kecelakaan dan gangguan pada saat aktivitas yaitu : (1) Cara penggunaan pelindung diri, (2) Penggunaan sabuk pengaman, (3) Mematuhi peraturan lalu lintas di lokasi kegiatan unit di perusaahaan, (4) Prosedur larangan melintasi bagi kendaraan umum di daerah lokasi produksi. Sementara itu upaya untuk peningkatan keselamatan kesehatan kerja yaitu : (1) Peraturan-peraturan yang harus di patuhi, (2) Safety Induction, (3) Safety Comite, (4) Pengawasan intruksi keselamatan yang memadai, (5) Waktu istirahat yang cukup, (6) Penempatan yang sesuai dengan kemampuan dan kepintarannya, (7) Pelatihan. Penelitian ini dilakukan di PD. Sari Gunung pada saat kegiatan pengeboran, peledakan, pemuatan dan pengangkutan dengan melakukan pengamatan langsung dilapangan dan dokumentasi perusahaan. Hasil dari penelitian ini menunjukan para pekerja di PD.Sari Gunung tidak menggunakan alat pelindung diri saat bekerja tetapi tidak pernah terjadi kecelakaan atau zero accident, hal ini dapat terjadi karena para pekerja menerapkan azas kehati-hatian dalam bekerja bukan karena pemahaman yang baik mengenai pentingnya penggunaan alat pelindung diri dari para pekerja. Hasil pengamatan yang dilakukan menunjukkan bahwa faktor penyebab kecelakaan kerja di PD. Sari Gunung berada pada tingkat unsafe action.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 18 Jul 2017 03:41
Last Modified: 18 Jul 2017 03:41
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/12286

Actions (login required)

View Item View Item