EKSPLORASI BATUAN BEKU ANDESIT PADA LAPANGAN “AYS”, KABUPATEN PURWOREJO, JAWA TENGAH DENGAN MENGGUNAKAN METODE GEOLISTRIK RESISTIVITAS

RAHMAWAN, BACHTIAR ARYO (2017) EKSPLORASI BATUAN BEKU ANDESIT PADA LAPANGAN “AYS”, KABUPATEN PURWOREJO, JAWA TENGAH DENGAN MENGGUNAKAN METODE GEOLISTRIK RESISTIVITAS. Other thesis, UPN "VETERAN" YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (227kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Halaman Pengesahan Scan.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (398kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (168kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Indonesia merupakan salah satu negara dengan aktivitas vulkanik tertinggi didunia. Produk dari aktivitas vulkanik di Indonesia antara lain adalah batuan beku andesit. Lokasi penelitian terletak didusun Somorejo, kecamatan Bagelen, Kabupaten Purworejo, provinsi Jawa Tengah, menggunakan metode geolistrik dengan target batuan beku andesit. Akuisi data dilakukan pada lapangan “AYS”, dusun Somorejo, kecamatan bagelen, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah dengan menggunakan metode geolistrik resistivitas konfigurasi dipole-dipole. Jumlah lintasan pengukuran pada penelitian ini sebanyak 7 lintasan dengan rata-rata panjang lintasan sebesar 420 meter dan spasi antar titik 20 meter. Arah lintasan pengukuran pada lintasan 1 hingga lintasan 6 adalah N 2700E dan lintasan 7 adalah N1820E. Pengolahan data lapangan dilakukan dengan menggunakan Microsot Excel. Kemudian dilanjutkan pada software Res2dinv sehingga menghasilkan pemodelan resistivitas 2D. Kemudian hasil inversi diolah pada software RockWorks15 untuk diperoleh pemodelan resistivitas 3D batuan beku andesit dan volume andesit. Setelah dilakukan tahap interpretasi terhadap bentuk pemodelan yang mengacu pada tabel resistivitas (Telford, et.al., 1990), dapat disimpulkan bahwa; andesit dengan nilai resistivitas 200 Ω.m-1048,36 Ω.m memiliki parameter warna kuning-ungu, breksi vulkanik dengan nilai 100 Ω.m-200 Ω.m memiliki parameter warna hijau tua-kuning, pasir vulkanik bertekstur sedang-kasar dengan nilai resistivitas 50 Ω.m-100 Ω.m dengan parameter warna hijau kebiruan-hijau tua, pasir vulkanik bertekstur halus-sedang dengan nilai 20 Ω.m-50 Ω.m dengan parameter warna biru-hijau kebiruan, dan tuf dengan nilai resistivitas < 20 Ω.m dengan parameter warna biru tua. Setelah dilakukan perhitungan tonase, diperoleh jumlah cadangan dari andesit adalah sebesar 3.559.400 ton. Kata Kunci : metode geolistrik, dipole-dipole, resistivitas, andesit.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Basir Umaryadi
Date Deposited: 14 Jul 2017 03:22
Last Modified: 14 Jul 2017 03:22
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/12241

Actions (login required)

View Item View Item