ANALISIS KINERJA PADA PDAM KABUPATEN SLEMAN DAN KABUPATEN KULON PROGO ( Studi Komparasi Dengan Pendekatan Balanced Scorecard)

CIPTA, GILANG GARIYAS ANDERA (2017) ANALISIS KINERJA PADA PDAM KABUPATEN SLEMAN DAN KABUPATEN KULON PROGO ( Studi Komparasi Dengan Pendekatan Balanced Scorecard). Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[thumbnail of ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (99kB) | Preview
[thumbnail of COVER.pdf]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (173kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (187kB) | Preview
[thumbnail of PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
PENGESAHAN.pdf

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of SKRIPSI-GILANG-GARIYAS-ANDERA-CIPTA--142130284-.pdf] Text
SKRIPSI-GILANG-GARIYAS-ANDERA-CIPTA--142130284-.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan kinerja PDAM Tirta Dharma
Kabupaten Sleman dan PDAM Tirta Binangun Kabupaten Kulon Progo dengan
menggunakan pendekatan Balanced Scorecard dilihat dengan perspektif keuangan,
pelanggan, proses bisnis internal dan pertumbuhan dan pembelajaran. Data yang
digunakan dalam penelitian ini merupakan data sekunder yaitu laporan kinerja
PDAM Tirta Dharma dan Tirta Binangun yang telah diaudit BPKP tahun 2014-2015.
Indikator pada perspektif keuangan meliputi ROE, rasio kas, rasio operasi, efektivitas
penagihan, dan solvabilitas. Sedangkan untuk perspektif pelanggan yaitu cakupan
pelayanan, pertumbuan pelanggan, tingkat penyelesaian aduan, jam operasi layanan,
dan konsumsi air domestik. Untuk perspektif bisnis internal menggunakan effisiensi
produksi, kualitas air pelanggan, tingkat kehilangan air, tekanan sambungan
pelanggan, dan penggantian meter air. Perspektif pertumbuhan dan pembelajaran
dilihat dari rasio jumlah pegawai/1000 pelanggan, rasio diklat pegawai, dan rasio
biaya diklat terhadap biaya pegawai. Hasil penelitian dapat diketahui bahwa secara
keseluruhan kinerja PDAM Tirta Binangun 2014-2015 lebih baik sebesar 3,345
daripada PDAM Tirta Dharmasebesar 3,080. Sedangkan untuk masing perspektif,
perspektif keuangan pada PDAM Tirta Binangun sebesar 0,975 lebih baik dariapda
PDAM Tirta Dharma yaitu 0,970. Perspektif pelanggan pada PDAM Tirta Binangun
sebesar 0,700 lebih baik daripada PDAM Tirta Dharma 0,500. Pada perspektif bisnis
internal PDAM Tirta Binangun mendapat nilai kinerja 1,210 lebih baik daripada
PDAM Tirta Dharma sebesar 1,140. Perspektif pertumbuhan dan pembelajaran pada
PDAM Tirta Binangun sebesar 0,550 lebih baik daripada PDAM Tirta Dharma
sebesar 0,470.

Kata kunci : Kinerja, PDAM, Balanced Scorecard.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Kinerja, PDAM, Balanced Scorecard.
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Management
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 11 Jul 2017 03:03
Last Modified: 02 Aug 2022 03:32
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/12206

Actions (login required)

View Item View Item