ANALISIS PENGARUH EVENT STATUS IDLE AUTO DELAY TERHADAP PRODUKTIVITAS HAUL TRUCK CAT 793C DI PIT BATU HIJAU PT NEWMONT NUSA TENGGARA

UKKAS, MUHAMMAD GANESHA (2017) ANALISIS PENGARUH EVENT STATUS IDLE AUTO DELAY TERHADAP PRODUKTIVITAS HAUL TRUCK CAT 793C DI PIT BATU HIJAU PT NEWMONT NUSA TENGGARA. Other thesis, UPN "VETERAN" YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
Cover Skripsi.pdf

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (38kB) | Preview

Abstract

RINGKASAN Penelitian dilakukan di PT. Newmont Nusa Tenggara yang berlokasi di Pit Batu Hijau, di sebelah barat daya pulau Sumbawa, Kecamatan Sekongkang, Kabupaten Sumbawa Barat, Provinsi NTB, Indonesia. Kegiatan Penambangan di PT. Newmont Nusa Tenggara menggunakan sistem tambang terbuka dengan metode open pit mining. Proses pengangkutan material menggunakan alat angkut CAT 793C dengan kapasitas muatan sebesar 223 ton. Pada bulan Januari s/d Juli 2016 sebesar 9% delay alat angkut CAT 793C terjadi dalam status idle auto delay, Event idle auto delay pada haul truck CAT 793C dapat menimbulkan waktu kerugian sebesar satu menit setiap satu kali kejadian dikarenakan proses terjadinya idle auto delay berawal dari pemberhentian haul truck CAT 793C selama satu menit kemudian status otomatis berubah dari keadaan ready menjadi idle auto delay, adapun dampak dari kerugian event idle auto delay yaitu produktivitas alat. Penyebab terjadinya idle auto delay disebabkan kondisi lapangan yang kurang mendukung, jumlah alat angkut yang beroperasi setiap bulan, kondisi teknologi dispatch system yang terkadang bermasalah, kerja alat pada sistem waktu edar (cycle time), lokasi terjadi idle auto delay, dan human error. Oleh karena itu perlu adanya analisa terhadap kejadian event idle auto delay haul truck CAT 793C. Berdasarkan analisis data kejadian idle auto delay dari bulan Januari s/d Agustus 2016 sebesar 79.763 event dengan lokasi kejadian idle auto delay pada daerah dumping point terjadi 29.978 event, crusher area 20.552 event, loading area 19.135 event, dan persimpangan jalan 7.413 event. Kontribusi event idle auto delay terhadap jumlah kehilangan produktivitas haul truck CAT 793C rata-rata sebesar 21 % atau 57.448,70 ton setiap bulan, angka tersebut ditemukan dengan cara membandingkan selisih produktivitas perencanaan ditambah satu menit event idle auto delay dengan selisih produktivitas actual terhadap produktivitas plan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Basir Umaryadi
Date Deposited: 22 May 2017 03:15
Last Modified: 22 May 2017 03:15
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/11990

Actions (login required)

View Item View Item