GEOLOGI DAN STUDI FASIES GUNUNG API PURBA DAERAH JELOK DAN SEKITARNYA KECAMATAN KALIGESING KABUPATEN PURWOREJO PROVINSI JAWA TENGAH

GHUFRANI, POPPY MUTHIA (2017) GEOLOGI DAN STUDI FASIES GUNUNG API PURBA DAERAH JELOK DAN SEKITARNYA KECAMATAN KALIGESING KABUPATEN PURWOREJO PROVINSI JAWA TENGAH. Other thesis, UPN "VETERAN" YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (253kB) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (366kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (350kB) | Preview

Abstract

SARI Tujuan penelitian ini adalah untuuk mengetahui kondisi geologi serta mengetahui kondisi geologi dan geomorfologi serta mengetahui fasies gunung api daerah penelitian. Lokasi penelitian berada di daerah Jelok dan sekitarnya Kecamatan Kaligesing, Kabupaten Purworejo, Provinsi Jawa Tengah. Secara Universal Transverse Mercator (UTM) terletak pada koordinat 391400 mT – 396400 mT dan 9138700 mU – 9133700 mU dengan datum WGS 1984. Sedangkan secara geografis terletak pada 110°5’29” BT - 110°2’13” BT dan 7°41’26” LS - 7°44’8” LS. Luasan daerah telitian 32,5 km2 dengan skala peta 1:25.000. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kondisi geologi serta mengetahui fasies vulkanik daerah penelitian. Metode penelitian terdiri dari tiga tahap, yaitu a. Tahap pra pemetaan, terdiri dari studi pustaka dan analisis awal peta. b. Tahap lapangan, terdiri dari observasi dan pengambilan data. c. Tahap pasca pemetaan, terdiri dari analisis laboratorium, pembuatan peta serta penyusunan laporan akhir. Berdasarkan aspek-aspek geomorfologi daerah penelitian dibagi menjadi tiga bentukan asal dan empat subsatuan geomorfik. a. Bentukan asal fluvial terdiri atas satuan dataran aluvial (F1) dan satuan tubuh sungai (F22). b. Bentukan asal karst terdiri atas satuan bukit sisa karst (K2). c. Bentukan asal vulkanik terdiri atas satuan perbukitan vulkanik terdenudasi (V24). Stratigrafi daerah penelitian terbagi menjadi empat satuan litostratigrafi tidak resmi dengan urutan paling tua ke muda adalah Satuan lava-andesit Kaligesing (Oligosen Akhir), Satuan breksi-laharik Kaligesing (Miosen Awal), Satuan batugamping-klastik Jonggrangan (Miosen Tengah), dan Satuan endapan aluvial (Holosen). Struktur geologi pada daerah penelitian berupa Sesar Mendatar Mongo relatif Barat Daya – Timur Laut dengan nama Left Slip Fault. Fasies gunung api pada daerah penelitian termasuk kedalam fasies proksimal – fasies medial gunung api Tersier Gajah. Berdasarkan hasil analisa fasies, Gunung api Tersier Gajah merupakan gunung api tipe strato dengan tipe letusan efusif dan eksplosif serta memiliki tipe erupsi strombolian hingga vulkanian. Kata kunci: Geologi, Formasi Kaligesing, Fasies gunung api.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > QE Geology
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Basir Umaryadi
Date Deposited: 22 May 2017 02:15
Last Modified: 22 May 2017 02:15
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/11987

Actions (login required)

View Item View Item