LAPORAN TUGAS AKHIR PEMBUATAN LEM PIPA PVC DENGAN MENGGUNAKAN FILLER SAGU DAN MAIZENA PT. REKALEMINDO WIBAWA

Putra, Isro Nugraha (2017) LAPORAN TUGAS AKHIR PEMBUATAN LEM PIPA PVC DENGAN MENGGUNAKAN FILLER SAGU DAN MAIZENA PT. REKALEMINDO WIBAWA. Diploma thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[thumbnail of Abstrak.pdf]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (145kB) | Preview
[thumbnail of Cover.pdf]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (139kB) | Preview
[thumbnail of Daftar Isi.pdf]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (113kB) | Preview
[thumbnail of Lembar Pengesahan.pdf]
Preview
Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (423kB) | Preview
[thumbnail of daftar pustaka.pdf] Text
daftar pustaka.pdf

Download (129kB)

Abstract

Perkembangan lem pipa dan fitting PVC saat ini masih sangat dibutuhkan, karena semakin meningkatnya permintaan konsumen yang menginginkan kualitas yang tinggi dan praktis dalam pengaplikasiannya, sehingga diperlukan suatu pengembangan untuk mengatasi permintaan pasar. Akan tetapi hingga saat ini perkembangan lem pipa dan fitting PVC masih rendah, karena masih sedikit pabrik yang benar-benar fokus terhadap lem pipa dan fitting PVC. Oleh karena itu diperlukan research khusus untuk meningkatkan kualitas tinggi pada lem pipa dan fitting PVC. Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari pengaruh penambahan tepung sebagai filler terhadap viskositas lem PVC, mengetahui filler terbaik untuk formula PVC serta mencari jumlah optimal penambahan filler pada lem PVC.
Proses pembuatan lem PVC ini dilakukan dalam beberapa tahap, mulai dari penimbangan komposisi bahan baku, kemudian memasukkan bahan ke dalam mixing, mengaktifkan motor mixing dengan kecepatan dan waktu yang telah ditentukan, setelah itu menyaring hasil dari mixing untuk memisahkan produk dan waste, kemudian menunggu selama 5 menit untuk menghilangkan gelembung, mengukur viskositas dan mencoba daya rekat lem (disambungkan dalam kondisi kering dan basah), kembali ke minggu berikutnya selama satu bulan untuk mengetahui kestabilan viskositas lem.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, pada percobaan dengan komposisi filler sagu sebanyak 40g menunjukkan hasil optimal viskositas yang paling diinginkan oleh perusahaan yaitu 956 Pa/s, karena viskositas tersebut sudah memenuhi syarat produksi perusahaan. Dari semua percobaan, jenis filler yang terbaik digunakan adalah sagu, karena viskositas dari filler sagu ini tidak melebihi range viskositas yang diinginkan oleh perusahaan yaitu sekitar 500-1500 Pa/s
Kata kunci : lem PVC, Viskositas, Filler

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: lem PVC, Viskositas, Filler
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Chemistry
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 11 Apr 2017 02:44
Last Modified: 18 Dec 2023 06:26
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/11780

Actions (login required)

View Item View Item