REKAYASA PENGELOLAAN GERAKAN MASSA TANAH DAN ATAU BATUANDI DESA PAGERHARJO, KECAMATAN SAMIGALUH, KABUPATEN KULONPROGO, DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

P. Simanjuntak, Morgan (2017) REKAYASA PENGELOLAAN GERAKAN MASSA TANAH DAN ATAU BATUANDI DESA PAGERHARJO, KECAMATAN SAMIGALUH, KABUPATEN KULONPROGO, DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA. Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[thumbnail of ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (334kB) | Preview
[thumbnail of COVER MORGAN.pdf]
Preview
Text
COVER MORGAN.pdf

Download (276kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (281kB) | Preview
[thumbnail of LEMBAR PENGESAHAN MORGAN.pdf]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN MORGAN.pdf

Download (322kB) | Preview
[thumbnail of daftar pustaka.pdf] Text
daftar pustaka.pdf

Download (401kB)

Abstract

Kegiatan penelitian dilakukan di Desa Pagerharjo, Kecamatan Samigaluh Kabupaten Kulonprogo, Daerah Istimewa Yogyakarta. Kulonprogo merupakan salah satu daerah yang berpotensi akan bencana longsor karena Kulonprogo termasuk kawasan rawan bencana, salah satunya yaitu di Desa Pagerharjo dengan kejadian longsor berupa material tanah dan batu yang terjadi pada hari jumat tanggal 12 Januari 2016. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kerentanan dan sebaran gerakan massa tanah dan/atau batuan dan mengetahui tipe-tipe gerakan massa tanah dan/atau batuan.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey di lapangan , pemetaan dan pengharkatan. Parameter yang digunakan adalah kemiringan lereng, ketebalan tanah, pelapukan batuan, tekstur tanah, infiltrasi, kekuatan batuan, curah hujan, penggunaan lahan dan Tutupan Lahan.
Hasil penelitian menunjukan bahwa kelas kerentanan di daerah penelitian termasuk dalam zona kerentanan gerakan massa tanah dan/atau batuan rendah dan menengah. Tipe gerakan massa tanah dan/atau batuan yang terdapat didaerah penelitian yaitu debris flow. Arahan pengelolaan yang cocok bagi masyarakat didaerah penelitian adalah dengan menggunakan arahan pengelolaan teknis yaitu dengan pemasangan bronjong, sedangkan untuk arah pengelolaan secara vegetatif dilakukan dengan penanaman rumput vertiver.
Kata kunci: Rekayasa Pengelolaan, gerakan massa tanah, kerentanan

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Rekayasa Pengelolaan, gerakan massa tanah, kerentanan
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 10 Apr 2017 02:38
Last Modified: 19 Dec 2023 00:55
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/11759

Actions (login required)

View Item View Item