OPTIMASI POMPA SUCKER ROD PADA SUMUR “X” PT PERTAMINA EP ASSET 1 LAPANGAN RANTAU

PAKASI, AULIA ARDIANI (2017) OPTIMASI POMPA SUCKER ROD PADA SUMUR “X” PT PERTAMINA EP ASSET 1 LAPANGAN RANTAU. Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[thumbnail of ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (194kB) | Preview
[thumbnail of COVER.pdf]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (201kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (406kB) | Preview
[thumbnail of LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (310kB) | Preview
[thumbnail of daftar pustaka.pdf] Text
daftar pustaka.pdf

Download (114kB)

Abstract

Sumur “X” yang berada di Lapangan Rantau PT PERTAMINA EP Asset 1 diketahui mempunyai nilai productivity indeks sebesar 2,7 BFPD/psi dengan laju alir maksimal sebesar 441 BFPD dan aktual rate sebesar 153 BFPD, water cut 92 %. Dengan efisiensi volumetris pompa pada kondisi terpasang sebesar 41,54 %. Dalam pengoperasianya sumur “X” menggunakan metode pengangkatan buatan yaitu pompa angguk jenis Conventional dengan spesifikasi C - 114D - 173 – 64 pada kedalaman 1350 ft.
Berdasarkan data tersebut efisiensi volumetrisnya tergolong masih dapat dilakukan peningkatan, sehingga perlu dilakukan optimasi. Optimasi pompa adalah merancang kembali pompa dengan mengubah parameter-parameter pompa agar diperoleh kerja pompa yang optimum. Dalam usaha meningkatkan produksi sumur digunakan analisa nodal, yaitu dengan membuat cross plot antara kurva Inflow Performance Relationship dengan kurva pump intake, yaitu kurva pump intake yang dibuat berdasarkan kecepatan pompa (N) dan yang dibuat berdasarkan panjang langkah (S), kemudian memvariasikan besarnya S dan N, yang kemudian diperoleh harga-harga S dan N versus laju produksi (Q). Hasil-hasil perhitungannya akan dibandingkan dengan kondisi operasi saat ini dan kemudian dilanjutkan dengan perhitungan peningkatan produksinya.
Diketahui terjadi peningkatan dari sumur “X” yang diharapkan dapat berproduksi pada laju alir 420 BFPD maka disarankan pompa angguk disetting dengan stroke length 64 inch dan kecepatan pompa 13 SPM dengan setting depth pompa pada 1350 ft sehingga didapatkan efisiensi volumetris pompa sebesar 88.74 %.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 07 Apr 2017 03:16
Last Modified: 20 Dec 2023 04:31
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/11734

Actions (login required)

View Item View Item