PENENTUAN KEBUTUHAN LUMINER PENCAHAYAAN PADA AREA KERJA DENGAN PENDEKATAN PERMANENT SUPPLEMENTARY ARTIFICIAL LIGHTING INSTALLATION (PSALI) (Studi Kasus di UD M Joint Exclusive Lather Craft Yogyakarta)

Firmansyah, Yusuf (2017) PENENTUAN KEBUTUHAN LUMINER PENCAHAYAAN PADA AREA KERJA DENGAN PENDEKATAN PERMANENT SUPPLEMENTARY ARTIFICIAL LIGHTING INSTALLATION (PSALI) (Studi Kasus di UD M Joint Exclusive Lather Craft Yogyakarta). Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
01. COVER.pdf

Download (145kB) | Preview
[img]
Preview
Text
04. DAFTAR ISI.pdf

Download (168kB) | Preview
[img]
Preview
Text
05. ABSTRAK.pdf

Download (196kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (368kB) | Preview

Abstract

Fasilitas pencahayaan yang kurang memadai di UD.M Joint Exclusive Leather Craft Yogyakarta dan tidak sesuainya nilai rata-rata lux tiap ruang kerja dengan standard yang telah ditentukan oleh SNI (SNI) 16-7062-2004, sering menimbulkan permasalahan. Permasalahan tersebut adalah masih rendahnya nilai pencahayaan pada area kerja jahit, bordir, dan quality control yang diteliti, hal ini berdampak pada banyaknya para pekerja yang mengeluhkan kelalahan mata yang ditimbulkan dari kondisi tersebut. Selain itu, keadaan ini juga dirasa sangat mengurangi efektifitas kinerja serta ketelitian para karyawan. Dengan masih banyaknya area kerja yang mengalami masalah pencahayaan, hal ini dikhawatirkan akan berdampak buruk bagi kelancaran aktifitas poduksi di perusahaan baik yang dirasakan secara langsung maupun tidak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui jumlah luminer yang sebaiknya dipasang pada area kerja bordir, jahit, dan quality control yang diteliti di UD. M-Joint Yogyakarta. Dalam penelitian ini metode yang digunakan untuk menghitung jumlah luminer yang sebaiknya dipasang adalah dengan pendekatan Permanent Supplementary Artificial Lighting Installation (PSALI). Berdasarkan hasil perhitungan total jumlah luminer yang sebaiknya dipasang di area kerja quality control sejumlah 8 titik dan type atau model lampu yang digunakan adalah TL-D 80 58 watt dan TL-D 80 36 watt, dengan penggunaan daya total sebesar 376 watt, sedangkan jumlah luminer terpasang saat ini adalah sejumlah 4 titik penerangan dengan daya sebesar 232 watt. Berdasarkan hasil perhitungan Jumlah lampu terpasang di area penelitian yaitu sebanyak 40 titik lampu dengan menggunakan tipe lampu TL-58 watt dan jumlah lampu hasil perhitungan yaitu 72 titik lampu untuk ruang kerja jahit, bordir sebanyak 42 titik, dan quality control sebanyak 8 titik. Sedangkan untuk jumlah lampu yang terpasang dengan menggunakan lampu yang diusulkan yaitu dengan menggunakan lampu jenis HID 150 watt diperoleh perhitungan sebanyak 24 titik untuk ruang kerja jahit, 19 titik untuk ruang kerja bordir, dan 8 titik untuk ruang quality control dengan tipe lampu TL D 80 58 watt. Untuk total penggunaan daya listrik sebesar 3712 watt untuk lampu terpasang sedangkan total daya listrik untuk lampu hasil perhitungan lampu usulan sebesar 6286 watt. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa hasil perhitungan yang dilakukan sangat membantu perusahaan dalam mengatasi persoalan pencahayaan selama ini. Kata kunci: fasilitas pencahayaan, luminer, pendekatan PSALI

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 05 Apr 2017 03:53
Last Modified: 05 Apr 2017 03:53
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/11696

Actions (login required)

View Item View Item