PENGARUH MEKANISME GOOD CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP KINERJA PERUSAHAAN PERBANKAN (Studi Empiris pada Perusahaan Perbankan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2012-2015)

HANZA, ALIEFIO MAULANA (2017) PENGARUH MEKANISME GOOD CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP KINERJA PERUSAHAAN PERBANKAN (Studi Empiris pada Perusahaan Perbankan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2012-2015). Other thesis, UPN "VETERAN" YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
COVER pdf.pdf

Download (137kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (431kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (10kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar isi pdf.pdf

Download (161kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Corporate governance masih menjadi masalah besar selama pasca-periode krisis keuangan di pasar yang berkembang Asia seperti Indonesia. Terutama, lembaga keuangan telah menerapkan reformasi tata kelola perusahaan untuk meningkatkan perlindungan kepentingan pemegang saham dan stakeholder. Muncul sebagai konsekuensi memungkinkan untuk pemantauan yang lebih besar terutama oleh pemegang saham. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengukur tata kelola perusahaan dan kinerja dalam sektor perbankan yang secara khusus menentukan mekanisme tata kelola perusahaan. Variabel independen yang digunakan dalam penelitian ini adalah struktur kepemilikan yang terdiri dari ukuran dewan direksi; ukuran dewan komisaris; komisaris independen; CAR dan auditor eksternal (Big 4). Sampel dari penelitian ini adalah perusahaan perbankan umum yang berada di Indonesia yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 20012-2015. Metode analisis yang digunakan adalah regresi linear berganda sesuai dengan tujuan penelitian yang menganalisis pengaruh variabel independen terhadap variabel dependen. Metode purposive sampling digunakan untuk menentukan sampel pilihan. Dari metode ini, didapatkan 30 sampel bank umum. Hasil analisis menemukan bahwa ukuran dewan direksi, ukuran dewan komisaris, komisaris independen tidak berpengaruh signifikan terhadap kinerja perbankan, sedangkan CAR dan auditor eksternal (Big 4) berpengaruh signifikan terhadap kinerja perbankan. Kata kunci: ukuran dewan direksi, ukuran dewan komisaris, komisaris independen, CAR dan auditor eksternal (Big 4).

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Management
Depositing User: Basir Umaryadi
Date Deposited: 29 Mar 2017 04:03
Last Modified: 29 Mar 2017 04:03
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/11615

Actions (login required)

View Item View Item