KAJIAN TEKNIS KEBUTUHAN ALAT MUAT DAN ALAT ANGKUT PADA TAMBANG BATUGAMPING PT. SUGIH ALAM ANUGROHO (PERSERO)GUNUNG KIDUL, DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

GETSEMANI SANTOSO, LOUSAN (2017) KAJIAN TEKNIS KEBUTUHAN ALAT MUAT DAN ALAT ANGKUT PADA TAMBANG BATUGAMPING PT. SUGIH ALAM ANUGROHO (PERSERO)GUNUNG KIDUL, DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA. Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
ABSTRACT.pdf

Download (9kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (37kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (8kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (231kB) | Preview

Abstract

PT. Sugih Alam Anugroho adalah perusahaan yang bergerak di bidang industri pertambangan batugamping. PT. Sugih Alam Anugroho memiliki Ijin Usaha Pertambangan (IUP)Operasi Produksi untuk bahan galian batugamping di wilayah Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta mencakup daerah seluas 24,9Ha. Daerah penelitian dilakukan di kuari gunung Sidowayah. Perusahaan ini membutuhkan batugamping sebesar 80 ton/hari dengan bobot isi loose 1,64 gram/cm³ dari lokasi penambangan untuk diolah menjadi bubuk batugamping. Untuk memenuhi kebutuhan batugamping tersebut digunakan 1 unit alat gali muat excavator Hitachi zaxis 200 dan 3 unit alat angkut dumptruck Mitsubishi FE 73. Permasalahan yang dihadapi PT. Sugih Alam Anugroho saat ini adalah terdapat waktu tunggu bagi alat angkut. Berdasar perhitungan dan hasil pengamatan dilapangan, penggunaan alat angkut yang digunakan terlalu berlebihan. Penggunaan alat angkut yang berlebihan menyebabkan banyaknya waktu berhenti bekerja ketika sasaran produksi sudah terpenuhi sehingga efisiensi kerja alat angkut berkurang. Upaya yang diakukan untuk menyesuaikan jumlah penggunaan alat angkut dengan sasaran produksi pertama-tama adalah dengan melakukan perbaikan waktu kerja efektif dan efisiensi kerja, sehingga dapat menentukan produksi alat angkut yang nantinya dijadikan acuan dalam penentuan jumlah alat mekanis yang akan digunakan. Dengan perbaikan waktu kerja alat maka produksi 1 unit alat gali muat bertambah menjadi 93,63m³/hari, produksi 1 unit alat angkut dumptruck bertambah menjadi 45,19m³/hari dan produksi. Berdasarkan dari tingkat produksi alat mekanis yang sudah dioptimalkan disarankan jumlah penggunaan alat mekanis 1 unit alat gali muat excavator Hitachi Zaxis 200 dan 2 unit angkut dumptruck Mitsubishi FE 73.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > TN Mining engineering. Metallurgy
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 29 Mar 2017 03:40
Last Modified: 29 Mar 2017 03:40
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/11613

Actions (login required)

View Item View Item