KAJIAN TEKNIS KESELAMATAN KERJA PADA AREA PENAMBANGAN BATU ANDESIT DI CV. GUNUNG MULIA DESA SOMOREJO KECAMATAN BAGELEN KABUPATEN PURWOREJO JAWA TENGAH

ARIYANTO, AFFAN DWI (2017) KAJIAN TEKNIS KESELAMATAN KERJA PADA AREA PENAMBANGAN BATU ANDESIT DI CV. GUNUNG MULIA DESA SOMOREJO KECAMATAN BAGELEN KABUPATEN PURWOREJO JAWA TENGAH. Other thesis, UPN "VETERAN" YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (153kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lembar pengesahan.pdf

Download (77kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Ringkasan & Abstract.pdf

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar isi.pdf

Download (149kB) | Preview

Abstract

RINGKASAN Penelitian dilakukan di CV. Gunung Mulia (GM) dengan wilayah Izin Usaha Penambangan (IUP) Operasi Produksi seluas 11 hektar. Secara administratif terletak di Desa Somorejo, Kecamatan Bagelen, Kabupaten Purworejo, Provinsi Jawa Tengah. CV ini merupakan perusahaan pertambangan dengan hasil tambang berupa bahan galian industri batu andesit, yang mempunyai target produksi 96.600 bcm/tahun. Sistem penambangan andesit menggunakan tambang terbuka dengan metode side hill quarry type. Kegiatan penambangan yang ada di CV.GM saat ini meliputi kegiatan pembersihan lahan, pengupasan tanah penutup, pembuatan jalan tambang, pembongkaran, Pemuatan dan pengangkutan. Pada setiap kegiatan penambangan mempunyai resiko yang dapat menyebabkan kecelakaan. Berdasarkan statistik kecelakaan kerja di CV. GM didapatkan dua kali kecelakaan pada alat berat yang terjadi pada saat kegiatan pengangkutan dan pembuatan jalan, hal ini dikarenakan tidak adanya Standar Operasional Prosedur (SOP) pada kegiatan penambangan. Dari statisik kecelakaan didapat nilai Frequency Rate = 48 dan Nilai Severity Rate = 118. Program K3 yang sudah ada di CV. GM masih belum berjalan dengan baik dan masih perlu banyak perbaikan dan penambahan program mengenai K3 terutama penambahan Alat Pelindung Diri dan rambu-rambu bahaya. Dalam analisa potensi bahaya penambangan didapat nilai tertinggi yaitu 25 yang berarti level tingkat bahayanya ekstrim dan harus segera dikoreksi/tidak boleh ditunda. Sehingga, perlu adanya pengendalian resiko bahaya dari tiap-tiap urutan langkah kerja yang ada di CV. GM ini, agar dapat tercipta lingkungan kerja yang aman dan setiap sumber produksi dapat digunakan secara aman dan efisien. Faktor-faktor personal penyebab kecelakaan di CV. GM adalah tingkat pendidikan pekerja yang rata-rata lulusan SMA dan rata usia pekerja dengan usia lebih dari 40 tahun. Oleh sebab itu perlunya pelathan kerja dan penyuluhan mengenai K3 kepada para pekerja.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > TG Bridge engineering
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Basir Umaryadi
Date Deposited: 29 Mar 2017 02:58
Last Modified: 29 Mar 2017 02:58
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/11603

Actions (login required)

View Item View Item