ANALISIS PENGAMBILAN KEPUTUSAN KONSUMEN DALAM MEMBELI PRODUK LAPTOP DENGAN MENGGUNAKAN METODE ANALYTIC HIERARCHY PROCESS (AHP)

Khannan, Muhammad Shodiq Abdul (2009) ANALISIS PENGAMBILAN KEPUTUSAN KONSUMEN DALAM MEMBELI PRODUK LAPTOP DENGAN MENGGUNAKAN METODE ANALYTIC HIERARCHY PROCESS (AHP). In: Seminar on Application and Research in Industrial Technology (SMART), 22 Juli 2009, Yogyakarta, Indonesia.

[img]
Preview
Text
1_SMART2009.compressed.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Sebuah industri dalam membuat produk harus berorientasi pada kebutuhan dan keinginan konsumen. Konsumen menginginkan produk yang sesuai dengan kriteria yang mereka tetapkan. Konsumen dalam membeli laptop juga mempertimbangkan kriteria mana yang akan dibeli. Metode AHP mempunyai banyak kelebihan dalam pengambilan keputusan berjenjang. Dalam penelitian ini akan dilakukan analisis pengambilan keputusan konsumen dalam membeli produk laptop mana yang akan dibeli. Fokus dari penelitian ini adalah mengetahui preferensi dalam membeli sebuah produk laptop sehingga perusahaan bisa menetapkan segmentasi pasar dari produk yang akan diproduksi dan dipasarkan. Penelitian dilakukan dengan menyebarkan kuesioner ke responden dengan teknik stratified sampling dengan jumlah sampel 30 orang dengan rincian mahasiswa 12 orang, PNS 6 orang, Swasta 6 orang, dan Dosen 6 orang. Responden mengisi perbandingan perbandingan berpasangan (pairwise comparison) antar kriteria keputusan dan antar alternatif produk dengan kontrol satu atribut. Alternatif produk yang menjadi pilihan adalah Acer 2902Z, Axioo TVS 722P, Compaq V3737, dan Toshiba L40. Hasil penelitian menunjukkan kriteria pengambilan keputusan konsumen dalam membeli laptop secara umum ada delapan kriteria dengan prioritas harga (0,333), garansi (0,208), Servis Center (0,132), Spesifikasi teknis (0,117), Feature (0,095), Merk (0,055), Style (0,037), dan Warna (0,030). Pengambilan keputusan konsumen berdasarkan profesi didaptkan bahwa untuk konsumen dengan profesi sebagai dosen mementingkan faktor spesifikasi teknis produk, harga, dan garansi sedangkan profesi lain mementingkan harga, garansi, dan servis center. Berdasarkan tigkat penghasilan tidak terdapat perbedaan besar dalam kriteria pengambilan keputusan dalam membeli laptop. Alternatif produk yang paling cocok dengan pengambilan keputusan konsumen adalah Acer 2920Z

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: Pengambilan keputusan, Metode AHP, Produk Laptop
Subjects: T Technology > TS Manufactures
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: MUHAMMAD SHODIQ ABDUL KHANNAN
Date Deposited: 24 Feb 2017 06:55
Last Modified: 24 Feb 2017 06:55
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/11432

Actions (login required)

View Item View Item