PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN, PROFITABILITAS, SOLVABILITAS, JENIS OPINI AUDITOR, LAMANYA EMITEN MENJADI KLIEN KAP, DAN KUALITAS AUDITOR TERHADAP AUDIT DELAY (Studi Pada Lembaga Keuangan yang Terdaftar di BEI 2006-2009)

Fitriana, Andi (2011) PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN, PROFITABILITAS, SOLVABILITAS, JENIS OPINI AUDITOR, LAMANYA EMITEN MENJADI KLIEN KAP, DAN KUALITAS AUDITOR TERHADAP AUDIT DELAY (Studi Pada Lembaga Keuangan yang Terdaftar di BEI 2006-2009). Other thesis, UPN "VETERAN" YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
Abstraksi.pdf

Download (7kB) | Preview

Abstract

Salah satu karakteristik kualitatif dalam penyampaian laporan keuangan adalah relevan, yang perwujudannya dapat dilihat dari ketepatwaktuan pelaporan. Ketepatwaktuan ini dapat ditilik dari audit delay, yaitu jangka waktu antara tanggal tutup buku hingga tanggal laporan auditor. Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empiris pengaruh ukuran perusahaan, profitabilitas, solvabilitas, jenis opini auditor, lamanya emiten menjadi klien KAP, dan kualitas auditor terhadap audit delay pada lembaga keuangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Penelitian ini memfokuskan pada Lembaga Keuangan. Data yang dipakai merupakan data sekunder, yakni laporan keuangan 180 Lembaga Keuangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2006-2009. Guna membuktikan hipotesis, dilakukan pengujian regresi berganda yang diawali uji asumsi klasik. Model regresi dinyatakan lolos uji asumsi klasik. Pengujian secara simultan menyimpulkan bahwa semua variabel bebas secara bersama-sama mempengaruhi variabel terikat. Pengujian secara parsial memperlihatkan hasil bahwa ada 3 dari 6 faktor yang berpengaruh terhadap audit delay, yakni faktor profitabilitas, lamanya emiten menjadi klien KAP dan kualitas auditor. Kata kunci: audit delay, faktor-faktor yang berpengaruh terhadap audit delay.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Management
Depositing User: Muji Isambina
Date Deposited: 20 Feb 2017 02:53
Last Modified: 20 Feb 2017 02:53
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/11397

Actions (login required)

View Item View Item