PENGARUH ECONOMIC/UTILITARIAN BENEFITS, HEDONIC/ PSYCHOSOCIAL BENEFITS DAN COST TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA PRODUK STORE BRAND DAN NATIONAL BRAND (Studi pada produk air minum dalam kemasan merek “Cleo” dari Indomaret)

AJI PUTRA, WINDU (2011) PENGARUH ECONOMIC/UTILITARIAN BENEFITS, HEDONIC/ PSYCHOSOCIAL BENEFITS DAN COST TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA PRODUK STORE BRAND DAN NATIONAL BRAND (Studi pada produk air minum dalam kemasan merek “Cleo” dari Indomaret). Other thesis, UPN "VETERAN" YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
Abstrak pdf.pdf

Download (159kB) | Preview

Abstract

Keputusan pembelian merupakan suatu hal yang hampir setiap hari dilakukan oleh seorang individu. Pengambilan keputusan pembelian konsumen tersebut tentunya dipengaruhi oleh banyak faktor antara lain adalah economic/utilitarian benefits, hedonic/ psychosocial benefits dan cost Secara umum tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktorfaktor yang berpengaruh terhadap keputusan pembelian konsumen pada produk store brand dan national brand. Lebih detail lagi penelitian dilakukan dengan tujuan untuk: 1. Menguji pengaruh economic/utilitarian benefits, hedonic/ psychosocial benefits dan cost terhadap keputusan pembelian konsumen pada produk store brand. 2. Menguji pengaruh economic/utilitarian benefits, hedonic/ psychosocial benefits dan cost terhadap keputusan pembelian konsumen pada produk national brand. Economic/utilitarian benefits berhubungan dengan kemampuan suatu produk dalam memberikan harga yang murah, kualitas yang baik, dan kemudahan bagi konsumen untuk melakukan pengambilan keputusan pembelian.Hedonic/psychosocial benefits berkaitan dengan kemampuan suatu produk dalam memberikan kesenangan bagi pembeli, sebagai bentuk pengekspresian diri dari pembeli, sebagai bentuk pengalaman pembelian pada suatu produk baru, serta perhatian terhadap pandangan orang lain tentang pengambilan keputusan pembelian produk yang bersangkutan. Cost atau biaya berkaitan dengan biaya atau sumber daya yang dibutuhkan untuk perencanaan dan pencarian suatu produk. Keputusan merupakan suatu proses yang dimulai dari proses pengenalan kebutuhan, pencarian informasi, pemilihan alternatif, dan diakhiri dengan keputusan pembelian Merek didefinisikan sebagai nama, istilah, tanda, simbol atau rancangan atau kombinasi dari semuanya yang dimaksudkan untuk mengidentifikasikan barang atau jasa penjual atau sekelompok penjual dan untuk mendeferensiasikannya dari barang atau jasa pesaing. Penelitian ini dilakukan pada 100 orang konsumen yang membeli prodsuk air minum dalam kemasan merek Cleo (store brand Indomaret) air minum dalam kemasan merek Aqua, Aquaria, dan Nestle (national brand) di Yogyakarta.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Management
Depositing User: Muji Isambina
Date Deposited: 17 Feb 2017 03:13
Last Modified: 17 Feb 2017 03:13
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/11379

Actions (login required)

View Item View Item